Review Final Fantasy XV Demo PC, Janji yang Dipenuhi Square Enix

Final Fantasy XV demo PC yang diberikan oleh Square Enix di Steam benar-benar memberikan kita gambaran bahwa Final Fantasy XV akan menjadi salah satu RPG terbaik yang ada di PC tahun 2018!

Final Fantasy harus diakui merupakan salah satu franchise yang terus diantisipasi oleh gamer. Disetiap generasi konsol, Final Fantasy seakan menjadi game wajib yang harus dimainkan. Meskipun beberapa seri terakhir dianggap tidak begitu baik, Square Enix akhirnya bangkit dan menciptakan salah satu seri Final Fantasy terbaik yaitu Final Fantasy XV di tahun 2016.

Seri yang satu ini memang sempat mendapatkan berbagai macam cemoohan karena dianggap memperlakukan karakternya seperti boyband. Memang dalam perjalanannya, Final Fantasy XV menceritakan perjalanan empat seorang sahabat untuk melakukan petualangan. Keempat sekawan ini terdiri dari Noctis, Gladiolus, Ignis, dan Prompto.


CONTINUE READING BELOW

Meet and Greet Dance On Community and Media

Final Fantasy XV demo PC yang diberikan oleh Square Enix di Steam benar-benar memberikan kita gambaran bahwa Final Fantasy XV akan menjadi salah satu RPG terbaik yang ada di PC tahun 2018!


Saat pertama kali diperkenalkan, kata-kata boyband menjadi yang paling diteriakan karena keempatnya digambarkan sebagai sosok tampan dan rupawan seperti seorang idol. Di Indonesia, meme mengenai game ini juga bermunculan, mulai dari yang positif hingga negatif sekalipun. Saya pribadi menjadi salah satu yang skeptis akan game ini.

Tapi setelah mencobanya secara langsung di konsol PlayStation 4 dan melihat storyline-nya di Youtube, saya tidak bisa menahan diri untuk mengatakan bahwa game ini adalah salah satu yang terbaik dari sederet Final Fantasy series. Jalinan cerita, gameplay, voice act, dan musiknya digarap dengan luar biasa.

Source: Duniaku.net

Waktu demi waktu berlalu dan Square Enix muncul dengan berita mengejutkan saat mereka berniat untuk membuat Final Fantasy XV versi PC. Tapi yang paling unik, setelah berita ini diberikan Square Enix, orang-orang heboh karena adanya isu yang menyebutkan bahwa Final Fantasy XV versi PC memiliki ukuran data sebesar 100GB!

Memasuki tahun 2018, Square Enix akhirnya melemparkan kabar gembira dengan memberikan Final Fantasy XV demo PC secara cuma-cuma di Steam. Saya yang penasaran dengan segudang janji Square Enix tanpa basa-basi langsung mengunggahnya. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Square Enix menjanjikan soal optimisasi yang baik dan tidak asal untuk game ini.

Untuk menguji dan membuktikan janji mereka, Duniaku.net akan melakukan review singkat mengenai Final Fantasy XV demo PC dengan sistem PC sederhana. Review dilakukan dengan sistem, Prosesoror Intel Core i3 4160 (Haswell), Nvidia GTX 1050 TI, dan RAM 8GB (dual channel). Yuk langsung saja kita bahas satu per satu mengenai Final Fantasy XV demo PC.

1

Optimisasi yang Baik

Source: Duniaku.net

Janji Square Enix untuk Final Fantasy XV versi PC sepertinya benar-benar dipenuhi. Ketika pertama kali mencobanya di Final Fantasy XV demo PC, saya tertegun setelah melihat kualitas grafis yang dihasilkan. Saat mencoba game tersebut, saya bermain aman dengan menggunakan setting preset Average (medium) dengan mematikkan Nvidia Hairwork, Nvidia Turreffect, dan Nvidia ShadowLibs.

Meski menggunakan setting Average di resolusi 1080p, game ini terlihat luar biasa memukau dengan grafis yang sangat halus. Bahkan menurut saya pribadi, kehalusan grafisnya lebih baik daripada versi PlayStation 4. Bahkan jaggies dan hal-hal yang mengganggu grafis sama sekali tidak nampak. Satu-satunya yang selalu nampak adalah adanya glitch.

Tapi bisa dimaklumi, mengingat ini merupakan versi demo dan saya yakin untuk versi fullnya, Square Enix akan membenahi hal ini. Masih berbicara mengenai grafis, di setting average ini kita juga bisa melihat efek-efek yang dramatis. Hempasan debu, bergeraknya rambut para karakternya, dan efek ketika menggunakan spell benar-benar real.

Source: Duniaku.net

Dari sini saja sudah terlihat bahwa ungkapan Square Enix untuk melakukan improvisasi grafis memang bukan hisapan jempol belaka. Di kualitas grafis average, semuanya terlihat sangat keren dan tentu saja kita bisa mendapatkan hal yang lebih baik di kualitas grafis high dan seterusnya. Bergeser dari grafis, kita akan membicarakan masalah Framerate per Second (FPS).

Pertanyaan klise tentu akan banyak ditanyakan oleh orang-orang, PC gue bisa main gak nih? Dengan sistem Intel Core i3 4160, GTX 1050 TI, dan RAM 8GB, game ini berjalan dengan sangat baik. Selama saya bermain, saya selalu mendapatkan FPS yang cukup baik kisaran 30-60an FPS. Oiya, FPS saya batasi di angka 60 dengan Vsync off.

Meski terkadang drop ke angka 28 FPS, game ini tetap nyaman untuk dilakukan. Umumnya, dengan sistem PC seperti yang saya gunakan, game ini akan lebih sering berjalan di angka 40-an FPS baik di kota maupun ketika sedang berburu. Bahkan uniknya, FPS bisa meningkat ketika masuk ke mode pertarungan.

Source: Duniaku.net

Kembali ke grafis, rasanya tidak asyik bila tidak membicarakan mengenai detail karakter. Bukan hanya Noctis Cs saja yang memiliki detail karakter yang baik. Para karakter pendukung di game ini juga memiliki desain karakter yang luar biasa detail. Kita akan melihat wajah Cid yang detail lengkap dengan keriputnya di game ini. Bukan hanya Cid, karakter-karakter yang lain juga diperlihatkan se-detail mungkin.

Selain detail karakter, detail lingkungan juga digambarkan secara detail meskipun berada di level setting average. Detail lingkungan yang baik ini menjadi pembuktian selanjutnya bahwa improvisasi grafis memang dilakukan oleh Square Enix untuk game ini guys.

Source: Duniaku.net


Nah, setelah ini kita akan bahas mengenai gameplay dan mode First Person Shooter yang dijanjikan lho.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!