Preview Dragon Ball Super 130: Saatnya Pertarungan Terakhir!

Sedih juga ya. Setelah ratusan episode, tampaknya episode 130 akan jadi pertarungan terakhir Dragon Ball Super!

1520146835000

Setelah 129 episode berlalu, pertarungan terakhir Dragon Ball Super akan benar-benar memuncak di episode 130. Judul episode 130 saja sudah menegaskan pecahnya pertarungan dahsyat, “The Greatest Showdown of All Time! The Ultimate Survival Battle!”

Goku sudah mengakses Ultra Instinct Sempurna, membuat dia mampu menghindar dan menyerang tanpa perlu berpikir. Di episode 129 sih dia bisa mendesak Jiren dengan mudah. Namun tampaknya pertarungan tak akan berakhir semudah itu.

Preview Dragon Ball Super 130 memperlihatkan kalau Jiren tidak akan membiarkan dirinya takluk begitu saja meski Goku sudah mencapai Ultra Instinct Sempurna. Seragam Pride Troopers-nya telah terbuka atasannya, memperlihatkan tubuhnya yang kekar. Preview juga menyampaikan kalau Jiren menambah kekuatannya lagi untuk menghadapi Goku.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Dragon Ball Super 129: Akhirnya! Ultra Instinct Sempurna Muncul!

Setelah libur seminggu, Dragon Ball Super 129 kembali. Episode ini pun menandai momen heboh: akhirnya Ultra Instinct Sempurna Goku menghajar Jiren!


Patut diingat kalau setelah Toppo kalah juga Jiren sudah mengerahkan Ki-nya. Efeknya, Android 17, Frieza, Vegeta, dan Goku (yang belum bisa mengakses Ultra Instinct Sempurna) pun dihajarnya.

Tapi tampaknya ia masih memiliki kekuatan yang disembunyikan. Cukupkah untuk memberi pertarungan seru menghadapi Goku? Preview Dragon Ball Super 130 sih malah menunjukkan Goku menghajarnya. Meski begitu, preview biasanya selalu menyimpan bagian paling menarik. (Tentu saja). Jadi bikin penasaran juga bagaimana sepak terjang terakhir Jiren dan Goku di seri Dragon Ball Super ini.

Bagaimana dengan Frieza?

Sekali lagi, Frieza belum tersingkir. Kalau dia sudah mati, maka Jiren pasti sudah tereliminasi. Bila dia tersingkir dari arena, dia sudah kembali ke tribun. Bila dia didiskualifikasi, dia akan dimusnahkan di depan umum seperti yang terjadi ke Frost. Tiran luar angkasa ini masih berada di reruntuhan arena, bersembunyi.

Preview Dragon Ball Super 130 sih tidak menunjukkan Frieza sama sekali dan fokus sepenuhnya ke Jiren-Goku. Namun situasi saat ini bisa dibilang sesuai dengan keinginan Frieza.

Frieza tidak akan bisa menang melawan Jiren. Dia sudah mengetahui itu sejak awal. Lalu saat ia mencoba membunuh Jiren, ia justru dipermalukan.

Namun sekarang Jiren akan dibuat babak belur oleh Goku. Siapa pun yang menang pasti akan sangat, sangat kelelahan. Ultra Instinct Sempurna Goku pun seharusnya akan membuat dia lebih kecapekan lagi, karena Whis mengatakan kalau semakin dekat seseorang ke tingkat dewa, semakin menguras tenaga juga efek kekuatannya. Frieza bisa muncul mendadak, mengeliminasi pemenangnya seperti ia dulu mengeliminasi Cabba – yang sudah terluka dan kecapekan akibat pertarungan melawan Monna, dan mewujudkan mimpinya: mengendalikan Dewa Kehancuran yang tersisa.



CONTINUE READING BELOW

Dragon Ball Super Libur Lagi! Episode 130 Baru Tayang 18 Maret

Menjelang akhir, Dragon Ball Super libur lagi! Episode 130 yang harusnya tayang tanggal 11 baru bakal rilis tanggal 18 Maret nanti


Sudah penasaran dengan Dragon Ball Super 130? Sabar. Ingat, episode ini baru tayang 18 Maret, bukan 11 Maret. Ada penundaan karena stasiun TV Jepang harus menayangkan Nagoya Marathon dulu.

Gimana menurutmu? Bagaimana akhirnya Goku akan mengalahkan Jiren? Apakah Frieza akan menjadi ancaman atau justru membantu? Sampaikan di kolom komentar!

Ingin mendiskusikan topik ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.