CIAYO Comics Buka Peluang Bagi Kamu Para Penulis Cerita Untuk Membuat Komik!

Buat kamu yang ingin terjun ke dunia perkomikan sebagai penulis cerita, ada peluang menarik dari Ciayo Comics, nih!

Ada tiga tipe komikus di luar sana: mereka yang bisa menggambar dan menulis cerita, mereka yang bisa menggambar tetapi tidak menulis cerita, dan mereka yang tidak bisa menggambar tetapi bisa menulis cerita. Nah, bagi kamu seorang penulis cerita yang merasa kurang mampu untuk menggambar, ada kabar baik nih: CIAYO Comics akan menghubungkanmu dengan para komikus!

Borton Liew, CEO dari CIAYO Corp mengumumkan melalui akun pribadi Facebook-nya bahwa CIAYO akan menghubungkan para penulis cerita dengan studio-studio komik yang menjadi rekan dari CIAYO Comics. Tentunya, tidak hanya menghubungkan, tetapi komik hasil kerja sama tersebut bakalan dijadikan komik resmi untuk CIAYO!

Hal ini merupakan kabar baik bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang penulis naskah komik tetapi tidak punya rekan komikus atau kesulitan mencari rekan komikus. Nah, Bagi kamu yang tertarik, berikut ini format proposal yang harus kamu ajukan:

  1. Judul: Judul harus catchy dan membuat pembaca teringat langsung dengan komik kamu.
  2. Genre: Dianjurkan cross-genre untuk mendulang lebih banyak pembaca, contoh: actioncomedy-horror, action-romance-comedy, comedy-fantasy, dan sebagainya.
  3. Premis: Rangkuman keseluruhan cerita dalam satu kalimat tidak melebihi 20 kata.
  4. Sinopsis: Rangkuman keseluruhan cerita dalam 1 paragraf, tidak melebihi 10 kalimat, 1 kalimat tidak melebihi 20 kata.
  5. Jumlah Episode: minimal 12, maksimal 24
  6. Plot: Ceritakan plot kamu dari pembukaan, klimaks, hingga penutupan. Jika ada flashback atau plot twist bisa diceritakan di salah satu plot. Yang jelas kamu sudah harus beritahu ending-nya seperti apa.
  7. Konsep Karakter: Gambarkan perawakan dan konsep karakter protagonist dan antagonisnya, minimal masing-masing 2 protagonis dan 2 antagonis.
  8. Style Gambar: Lampirkan referensi style komik yang diinginkan.
  9. Background: Diutamakan agar cerita mengambil lokasi di Indonesia dengan budaya kearifan lokal agar pembaca bisa relate dengan kehidupan mereka.
  10. Naskah: Sertakan contoh naskah untuk 3 episode pertama lengkap dengan percakapan komiknya dan keterangan penggambaran komiknya

Jika syarat-syarat di atas sudah kamu penuhi, tinggal kirim saja langsung ke alamat e-mail: bortonliew@gmail.com! Oh, bagi kamu yang bingung dengan penulisan naskahnya, Borton juga menyediakan contohnya yang bisa kamu lihat melalui fanspage Script-To-Screen ini. Apakah kamu tertarik?

Sumber: Facebook

Share this article

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.