72 Ilmu Sihir! Kenapa Kera Sakti Selalu Ada di Setiap Game MOBA?

Kenapa Kera Sakti selalu muncul di setiap game MOBA? Apa sih yang bikin karakter ini begitu spesial?

1520384412000

Kera sakti atau yang dikenal sebagai Son Goku, Monkey King, atau Wukong, mungkin adalah salah satu karakter yang paling dikenal di media modern. Muncul dari novel klasik Cina berjudul Journey To The West, variasi tokoh terkemuka ini bisa dilihat dalam puluhan judul yang berbeda.

Selama beberapa dekade terakhir, karakter kera sakti sering muncul dalam banyak judul game online, seperti skin hero Winston pada event Overwatch Lunar dan Monkey King di Dota 2.

Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) mungkin adalah genre game yang paling menyukai karakter kera sakti. Karakter ini muncul sebagai champion, hero atau guardian dalam game League of Legends, Dota 2, Warframe, Paragon, Smite, Heroes of Newerth dan masih banyak lagi.

Co-founder dan CCO Super Evil Megacrop, pembuat game mobile MOBA, Vainglory, Stephen Sherman mengatakan bahwa Wukong di Cina sama seperti Conan The Barbarian atau Tarzan di barat.

game moba

Ozo karakter di Vainglory, Sumber: vainglorygame

Kera sakti yang di Vainglory bermana Ozo, sosok kera yang dipersenjatai Spinning Wheel. Menurut Sherman, investor Cina merasa bahwa memiliki karakter yang dapat dikaitkan dengan pasar mereka sangat penting bagi pertumbuhan game apapun. Oleh karena itulah, karakter kera sakti ini sering dimasukkan ke dalam game-game yang mengincar pasar global.


CONTINUE READING BELOW

Daftar Lengkap Game Bulan Maret 2018 yang Wajib Kamu Tunggu Kehadirannya!

Bulan Januari dan Februari tahun 2018 mungkin tidak terlalu banyak judul game besar yang rilis jika kita bandingkan dengan tahun lalu. Namun, itu semua berbeda ketika masuk ke bulan Maret! Apa saja game bulan Maret 2018 yang wajib kita tunggu kehadirannya?


Asal-usul kera sakti sendiri, menurut novel Journey To The West, yang ditulis pada abad ke-16 oleh Wu Cheng’en ini berkisah tentang raja monyet yang berasal dari Gunung Huaguo, yang mendapatkan pelatihan di bawah seorang biksu Buddha dalam upaya untuk mendapatkan keabadian.

Dia pikir dia adalah makhluk paling kuat di alam semesta, dan kurangnya kerendahan hati adalah kelemahannya. Dengan kemampuan magis, senjata toya sakti, dan kemampuan membuat kloningan dari bulu dan sepatu yang bisa membuatnya berdiri di atas awan, membuat kera sakti berulah menghancurkan langit sampai pada akhirnya Buddha menghukumnya.

game moba

Sumber: imgur

100 tahun berlalu dan seorang biksu bernama Tang Sanzang yang bertugas membawa kitab suci Buddha kembali ke Cina dan ditemani tiga makhluk gaib untuk menemani perjalanannya. Sha Wujiang, seorang jenderal yang dibuang ke bumi, Zhu Bajie, siluman babi, dan Sun Wukong yang selama ini terjebak dalam gunung atas hukuman Buddha.

Cerita ini bahkan menjadi film superhero yang meraih kesuksesan lewat The Monkey King (Netflix) dan sekuelnya yang meraup lebih dari satu miliar dolar di Cina. Karakter ini juga memiliki sejarah yang panjang dalam game, muncul di beberapa game seperti Shin Megami Tensei dan Persona sejak awal tahun 90an.

Dan sekarang, kita telah melihat lebih banyak kera sakti atau Sun Wukong dalam game MOBA. Di LoL, para gamer mengetahui Wukong dengan senjata tongkat yang bisa berubah ukuran dan membuat kloningan. Untuk Smite game yang menggunakan mitologi Yunani, versi Sun Wukong mereka memiliki kendaraan awan dan dapat berubah bentuk menjadi binatang.

Berbeda dengan Smite dan LoL, di Warframe penampilan kera sakti seperti robot lengkap dengan armor, tapi tetap memiliki senjata tongkat dan awan yang tak terlihat. Tak ketinggalan juga game MOBA mobile yang saat ini tengah naik daun, Arena of Valor dan Mobile Legends juga memiliki kera sakti sebagai salah satu hero yang bisa digunakan.

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
era