Ketika Presiden Jokowi Jadi Tokoh Utama dalam Komik Indonesia

Bapak Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Presiden Jokowi itu ternyata juga menjadi tokoh utama dalam sebuah judul komik lokal. Seperti apa ya penampilan beliau?

1520472640000

Joko Widodo. Namanya melambung tinggi semenjak beliau menjadi gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 silam. Sosoknya yang sederhana dan merakyat tak pelak mampu mencuri perhatian orang banyak. Tak hanya itu, beliau juga terkenal dengan gayanya yang kalem, tetapi penuh ide dan aksi. Tak heran, beliau kemudian terpilih menjadi presiden Republik Indonesia yang ke-7 pada tahun 2014.

Menjadi presiden saja ternyata tidak cukup! Bapak Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi ternyata juga menjadi tokoh utama dalam sebuah judul komik lokal.

Mari berkenalan dengan komik Pakdhe dan Geng Bhinneka. Komik ini dikaryakan oleh Iskandar Salim, kemudian dipublikasikan di platform CIAYO Comics. Selain bercerita tentang keseharian empat orang sahabat–yakni Bhimo, Ninda, Nefi, dan Karin–komik ini juga menampilkan Presiden Jokowi sebagai salah satu tokoh utamanya. Bukan tanpa alasan, komik ini memang dibuat untuk mempromosikan toleransi dan program-program positif Presiden Jokowi lainnya.

Iskandar Salim yang sebelumnya sudah dikenal sebagai otak di balik kesuksesan Komik Faktap, mampu menyampaikan pesan yang berbobot dengan gambar yang santai dan lucu. Kemampuan Is membuat komik bertema kritik sosial membuat alur cerita yang dibawakan Pakdhe dan Geng Bhinneka terasa natural dan menyenangkan, walaupun mengandung sosialisasi program kenegaraan.

presiden, jokowi, pakdhe, ciayo comics, revolusi mental, komik faktap

Beberapa contoh program yang disosialisasikan dalam komik ini di antaranya adalah:

  1. Pentingnya vaksinasi difteri bagi masyarakat, untuk mencegah masyarakat terserang penyakit berbahaya.
  2. Program penenggelaman kapal pencuri ikan oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan dan manfaatnya bagi negara.
  3. Pentingnya menjaga fasilitas publik.
  4. Dan masih banyak lagi program lainnya yang akan dipaparkan pada komik ini …

Selain dikemas dengan cerita yang lucu dan “menyentil”, informasi tentang program-program tersebut juga dipaparkan oleh sosok Presiden Jokowi di bagian penutup komik. Dengan ini, komik Pakdhe dan Geng Bhinneka diharapkan tidak hanya menjadi hiburan bagi pembaca, tetapi juga sebagai cara baru untuk memerkenalkan program positif kenegaraan dengan cara yang adem.

“Ini adalah inisiatif CIAYO Comics untuk lebih meningkatkan rasa kebhinnekaan. Konsep Pakdhe ini semata-mata untuk menghormati sosok Pakdhe sebagai kepala negara kita,” jelas CEO CIAYO Comics, Borton Liew.

presiden, jokowi, pakdhe, ciayo comics, revolusi mental, komik faktap

Menurutnya, komik Pakdhe dan Geng Bhinneka juga akan menjadi salah satu benchmark komik edukasi di CIAYO Comics.

CIAYO Comics sendiri merupakan platform komik digital dengan format webtoon pertama di Indonesia. Sebagai produk buatan anak negeri, CIAYO Comics sangat mendukung upaya Iskandar Salim dan teman-teman untuk membuat komik yang punya value tinggi bagi pembaca.

Selain Pakdhe dan Geng Bhinneka, CIAYO Comics  sendiri telah merilis ratusan judul komik official, semuanya bekerja sama dengan talenta-talenta komik lokal yang tak kalah dengan talenta komik asing. Seluruh komiknya, termasuk komik Pakdhe dan Geng Bhinneka, dapat dibaca secara gratis di situs CIAYO Comics atau melalui aplikasi CIAYO Comics yang juga dapat diunduh secara gratis.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id