Marvel Meniru DC Saat Membuat X-Men? Masa Iya Sih?

Untuk yang ini, konsepnya DC beneran duluan nih. Hmmmmm

1521185446000

X-Men dan Doom Patrol sama-sama terdiri dari orang-orang yang dibenci atau dikucilkan oleh lingkungannya. Kedua kelompok ini memang sedikit mirip karena mempunyai pemimpin yang sama-sama duduk di kursi roda. X-Men dipimpin oleh Prof. Xavier, Doom Patrol dipimpin oleh The Chief.

Tetapi sebenarnya dari X-Men dan Doom Patrol siapa yang lebih dulu dibuat sih? Jika ditanya siapa yang lebih dulu dibuat, jawabannya adalah Doom Patrol.  Walaupun X-Men dan Doom Patrol sama-sama muncul pertama kali pada tahun 1963, ternyata Doom Patrol muncul lebih cepat 3 bulan daripada X-Men. Doom Patrol muncul pertama kali pada bulan Juni 1963 di komik My Greatest Adventure #80 dan X-Men muncul pertama kali pada bulan September 1963 di komik X-Men #1.

Masa iya sih Marvel mencuri sebuah ide kelompok superhero dalam waktu 3 bulan dari DC Comics? Bisa jadi ini hanya kebetulan saja atau mungkin mereka punya blue print yang sama, atau memang Marvel benar-benar meminjam nama tersebut dan dipublikasikan dalam waktu yang singkat.

Marvel Meniru DC

Kesamaan yang mencolok dari Doom Patrol dan X-Men juga terjadi pada tagline dari masing-masing komik mereka. Doom Patrol memiliki tagline yang dituliskan di atas cover mereka yaitu “The World’s Stranger Heroes!” dan tidak lama kemudian X-Men muncul dengan tagline “The Strangest Super-Heroes of All!”, sangat mirip kan? Ternyata tidak hanya itu saja! Di kemunculan pertama Doom Patrol, Doom Patrol memiliki musuh sebuah kelompok para penjahat bernama Brotherhood of Evil dan tidak lama kemudian X-Men juga memiliki musuh dengan nama yang sama, hanya saja dengan menambahkan kata “mutant” di akhir kalimatnya, yaitu Brotherhood of Evil Mutant.


CONTINUE READING BELOW

BERBAHAYA! Thanos Lemparkan Bulan dalam Gambar Avengers: Infinity Wars Ini!

Apa yang kamu lakukan ketika kamu sangat marah? Kalau kamu Thanos, kamu bakalan menggunakan Power dan Space Stone untuk melemparkan bulan!


Mungkin 3 bulan adalah hal yang mustahil untuk mencuri sebuah ide dari pesaing, karena untuk membuat sebuah karakter membutuhkan sebuah konsep dan ide yang matang, dan 3 bulan adalah waktu yang sangat singkat.

Sayangnya, jika dibandingkan oleh pesaingnya, Doom Patrol tidak setenar X-Men di dunia perfilman. Hanya komiknya saja yang masih berlanjut sampai sekarang.

Doom Patrol sendiri beberapa kali diterbitkan di komik imprint-nya DC, seperti Vertigo dan Young Animal. Dan sekarang, komik Doom Patrol ditulis oleh musisi terkenal yaitu Gerrad Way! Mantan vokalis dari My Chemical Romance ini mendirikan sebuah komik publisher dibawah naungan DC Comics, bernama Young Animal. Gerrard Way sendiri ikut turut serta dalam menulis di beberapa komik Young Animal, terutama Doom Patrol.


Jadi, menurut kalian gimana? Benar tidak sih Marvel mencuri ide dari DC saat membuat X-Men? Sampaikan di kolom komentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
abbiyuarsyah

Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern. Lagi mencoba untuk jadi Comic YouTuber di https://www.youtube.com/AbbiyuarsyahID