Inilah 5 Fakta Poseidon, Dewa Pengusa Seluruh Lautan!

Kamu tahu asal-usul makhluk Pegasus dari mana? Ternyata ia adalah anak dari Poseidon! Kok bisa sih? Simak deretan faktanya di sini!

Poseidon bersama Demeter, Hades, Hera, Hestia, dan Zeus adalah anak dari Titan Kronos dan Rhea. Ia dikenal sebagai dewa laut, sungai, dan danau serta memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi.

Dalam mitologi Yunani, dunia dibagi menjadi tiga bagian di mana dalam setiap bagian dikuasai oleh seorang dewa. Zeus sebagai penjaga langit dan mengawal cuaca, Hades bertugas mengawal orang-orang mati dan roh di dunia bawah, dan Poseidon menjadi penguasa seluruh lautan.

Pembagian dunia tersebut dilakukan setelah Poseidon dan adiknya, Zeus, berhasil mengalahkan Kronos dan mengurung para Titan lainnya di Tartaros. Poseidon pun akhirnya mendapat jatah lautan dalam sebuah undian bersama Zeus dan Hades.

Nah berikut ini deretan fakta Poseidon, dewa sakti penguasa seluruh samudera dunia.

1

Kelahiran Poseidon

Seperti sudah disebutkan di awal, Poseidon merupakan putra dari Titan Kronos dan Rhea. Namun bersama saudara-saudaranya termasuk Zeus, Poseidon melakukan pemberontakan kepada Kronos yang berencanya untuk memakan setiap anak yang dilahirkan oleh Rhea. Kronos pun kalah dan ia dikurung di Tartaros.

Sebelum menggulingkan kekuasaan Kronos, konon Poseidon kecil disembunyikan oleh Rhea di antara kawanan domba. Sedangkan versi lain menyebut jika Poseidon dibesarkan oleh  Telkhines di Rhodes sama seperti Zeus yang dibesarkan oleh  Kuretes di Kreta.

2

Kereta Kuda

Poseidon selalu digambarkan sedang memegang sebuah trisula besar yang mampu menyebabkan banjir dan gempa bumi. Trisula itu diciptakan oleh  para Kiklops semasa Titanomakhia melawan Kronos.

Selain trisula, Poseidon juga memiliki hippokampos, makhluk mitologi berbentuk setengah kuda setengah ikan. Hippokampos menjadi alat transportasi Poseidon saat berpergian ke luar lautan. Poseidon juga disebut dewa kuda, dengan julukan Hippios (atau Konsos).

3

Ayah dari Pegasus

Fakta Poseidon selanjutnya adalah tentang silsilah keluarganya. Poseidon memiliki istri bernama Amfitrit, seorang nimfa dan dewi laut kuno. Demi merebut hati Amfitrit, banyak cara dilakukan oleh Posedion.

Ia mengirim berbagai makhluk laut untuk mencari Amfitrit tetapi mereka gagal. Sampai akhirnya, lumba-lumba utusan Poseidon berhasil menemukan Amfitrit dan membujuknya untuk pergi ke lautan. Atas keberhasilannya itu, Poseidon lalu mengangkat lumba-lumba menjadi rasi bintang.

Poseidon juga dikenal sebagai dewa yang punya banyak hubungan dengan wanita seperti Tiro, Amimon, Kaineus, dan Demeter.

Bahkan Poseidon pernah melakukan persetubuhan dengan Medusa di atas lantai kuil Athena. Dewi Athena yang marah lalu menghukum Medusa dan mengubahya menjadi monster. Ketika kepala Medusa dipenggal, ia melahirkan  Khrisaor dan Pegasus muncul dari lehernya. Secara tak langusng, menjadikan Pegasus dan Khrisaor adalah anak dari Poseidon.


CONTINUE READING BELOW

Kenapa Squidward Tidak Memakai Celana? Ternyata Alasannya Mengejutkan!

Banyak hal-hal menarik dari karakter Squidward Tantacles yang hadir dalam serial kartun SpongeBob SquarePants. Jika sebelumnya, Duniaku.net telah mengulas kenapa Squidward bernama SQUID jika ia ternyata bukan cumi-cumi. Kali ini, misteri lain dari tetangga spongebob itu adalah, mengapa Squidward tidak memakai celana?


Masih ada beberapa fakta Poseidon di halaman kedua. Termasuk pertarunganya dengan Athena untuk merebut kota Athena.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca