5 Fakta Hades, Dewa Mengerikan dari Dunia Bawah Tanah yang Gelap Gulita

Tahukah Kamu jika pembagian musim di dunia berhubungan dengan dewa penjaga alam bawah tanah? Simak fakta-faktanya di sini!

1521615640000

Hades adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani yang cukup populer. Disebut juga Heides dan Pluto (Romawi), ia adalah anak laki-laki tertua dari pasangan Kronos dan Rhea.

Seperti apa kisah sang penguasa kegelapan dunia bawah tanah ini? Simak cerita dan fakta Hades berikut ini.

1

Penguasa Dunia Bawah Tanah

fakta hades

Karena takut akan kutukan yang menimpanya, semua anak-anak yang dilahirkan oleh Rhea langsung ditelan bulat-bulat oleh Kronos, termasuk Hades. Sampai akhirnya Zeus berhasil lolos dan memberikan ramuan kepada Kronos sehingga ia memuntahkan semua anak-anaknya.

Sejak saat itu, Hades dan semua saudaranya memulai peperangan dengan Kronos serta para Titan. Perang besar ini dinamakan Titanomachy.

Singkat cerita, para Olympians (Poseidon, Hades, Hera, Demeter, Hestia, dan Zeus) berhasil membabat habis para titan dan mengurungnya di Tartarus. Atlas, salah seorang anak dari Iapetus dan Thermis, yang telah memimpin para Titan dalam peperangan, dihukum untuk menopang dunia di punggung untuk selamanya. Konon hukuman ini jauh lebih derat dari hanya dikurung di Tartarus.

Sedangngkan nasib Kronos jauh lebih menyedihkan, yaitu diusir dan tinggal di Pulau Mati (the Island of the Dead), untuk selamanya. Tapi ada versi lain yang menyebut jika Kronos dikurung bersama para titan di Tartarus.

Setelah perang Titanomachy, dunia kembali damai. Para dewa lalu membagi dunia menjadi tiga bagian dan setiap bagian dipimpin oleh seorang dewa. Bagian langit dipimpin oleh Zeus, seluruh lautan dikuasai oleh Poseidon, dan dunia bawah tanah dipimpin oleh Hades.

Dunia bawah tanah sendiri dibagi ke dalam beberapa bagian seperti Elysium, Isles of the Blessed, Padang Asphodel, Lapangan Penyiksaan, dan Tartarus.

2

Menikahi Persephone

Hades sangat meyukai Persephone, anak dari Zeus dan Demeter. Saat Peresphone sedang berjalan-jalan di Lembah Nisa, Hades yang mengamati dari celah bumi langsung muncul dan menariknya ke dasar bumi yang gelap gulita.

Mengetahui hal tersebut, Demeter marah besar dan meminta Zeus untuk membawa kembali Persephone. Zeus sebagai raja para dewa akhirnya membuat sebuah keputusan yaitu  mengembalikan Persephone ke atas Bumi untuk hidup bersama ibunya selama enam bulan, dan enam bulan berikutnya ia akan tinggal dengan Hades di bawah tanah.

3

Asal-usul Musim Gugur dan Musim Semi

Pernikahan Persephone dan Hades menjadi asal-usul mengapa dunia terbagi menjadi empat musim. Demeter yang merupakan dewi pertanian dan keseburuan sangat senang ketika Persephone tinggal di bumi. Rasa senangnya itu, membuat bumi menjadi daerah yang subur, hangat dan makmur. Masa ini biasa disebut sebagai musim panas dan musim semi.

Namun saat Persephone harus kembali tinggal bersama Hades di bawah tanah, Demeter menjadi sangat sedih dan bumi mengalami musim dingin.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Fakta Poseidon, Dewa Pengusa Seluruh Lautan!

Poseidon besrama Demeter, Hades, Hera, Hestia, dan Zeus adalah anak dari Titans Kronos dan Rhea. Nah berikut ini deretan fakta Poseidon, dewa sakti penguasa seluruh samudera dunia.


Masih ada cerita dan fakta Hades yang sangat menarik di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca