Kisah Mitologi: Perang Titanomachy, Perang Terbesar Bangsa Dewa Melawan Titan!

Semua kisah tentang dewa-dewi Yunani, berasal dari perang terbesar antara Titan dengan Dewa yang disebut Titanomachy! Bagaimana kisahnya? Simak ceritanya di sini!

Jauh sebelum para dewa berkuasa di gunung Olympus, pernah terjadi sebuah peperangan terbesar antara para Titan dengan dewa yang dipimpin oleh Zeus. Kejadian yang disebut perang Titanomachy ini menjadi asal-muasal dari semua kisah dewa-dewi dalam mitologi Yunani. Seperti apa sih, perang Titanomachy tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1

Gaia dan Uranus

perang titanomachy

Menurut Hesoid dalam puisi Theogony, menyebutkan jika alam semesta pada awalnya tak berisi apa-apa. Sampai suatu masa munculah Gaia sebagai perwujudan dari dewi Bumi. Tak ada penjelasan pasti kapan dan bagaimana Gaia bisa hadir di alam semesta.

Selain Gaia, ada juga Tartarus, sebuah tempat berbentuk gua gelap di bawah bumi. Dalam mitologi Yunani, Tartarus diibaratkan sebagai neraka. Lalu Niks yaitu malam, Erebus kegelapan di angkasa dan Eros yang melambangkan sifat hawa nafsu.

Berkat hadirnya dewa Eros, Gaia melahirkan Uranus (dewa langit) dan Pontos (dewa laut). Uranus kemudian menjadi suami dari Gaia.

Dari hubungan mereka, terlahirlah para Titan generasi pertama yang terdari dari enam Titan pria yaitu  Koios, Krios, Kronos, Hiperion, Iapetos, dan Okeanos, serta enam Titan wanita yaitu  Mnemosine, Foibe, Rhea, Theia, Themis, dand Tethis.

Ketika Uranus tak menginginkan anak lagi, ternyata Gaia melahirkan para Kiklops (raksasa bermata satu) dan Hekatonkheire (raksasa bertangan seratus). Uranus yang tak terima, akhirnya mengusir para Kiklops dan Hekatonkheire yang punya wujud menyeramkan tersebut ke Tartarus.

2

Perlawanan Kronos

Mengetahui anak-anaknya di usir, Gaia yang marah lalu memerintah para Titan untuk memberontak melawan Uranus. Sayang dari semua Titan tak ada yang berani untuk melawan ayahnya. Sampai suatu saat, Kronos, anak paling cerdik dan berambisi terhadap kekuasaan, mengajukan diri. Menggunakan sebuah sabit, Kronos berhasil memotong alat kelamin Uranus.

Sejak saat itu, Kronos diangkat menjadi penguasa para dewa dan menikahi suadaranya, Rhea. Sedangkan Titan lainnya menjadi anak buah Kronos.

Namun, Gaia meramalkan jika kekuasaan Kronos akan bernasib sama dengan apa yang ia lakukan kepada ayahnya, Uranus.

3

Kelahiran Para Dewa

Gara-gara ramalan ibunya, Kronos sangat takut jika anak-anaknya kelak akan menggulingkan kekuasaanya. Maka, setiap Rhea melahirkan seorang anak, Kronos bakal dengan segera memakannya hidup-hidup. Hal itu terjadi sampai anak ke-5.

Saat akan melahirkan anak ke-6, Rhea khawatir jika bayinya nanti akan kembali dimakan oleh Kronos. Ia mempunyai siasat untuk menipu suaminya yaitu menukar bayi yang ia lahirkan dengan sebongkah batu yang ditutupi selimut. Kronos yang tak sadar, memakan batu tersebut dan selamatlah anak terakhir Rhea yang diberi nama Zeus.


CONTINUE READING BELOW

5 Fakta Hades, Dewa Mengerikan dari Dunia Bawah Tanah yang Gelap Gulita

Hades adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani yang cukup populer. Disebut juga Heides dan Pluto (Romawi), ia adalah anak laki-laki tertua dari pasangan Kronos dan Rhea. Seperti apa kisah sang penguasa kegelapan dunia bawah tanah ini? Simak cerita dan fakta Hades berikut ini.


Kelak, Zeus lah yang akan memimpin pemberontakan besar-besaran kepada ayahnya Kronos dalam perang terbesar yang disebut perang Titanomachy. Penasaran seperti apa kelanjutan kisahnya? Simak di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca