Kisah Mitologi: Daftar 12 Dewa Terkuat yang Mendiami Gunung Olimpus

Kalau mereka masih hidup di masa sekarang, cocok nih jadi tim bola

Setelah perang Titanomachy, dunia berada di bawah kekuasaan para dewa Olimpus atau biasa disebut sebagai The Olympians. Disebut The Olympians karena para dewa yang berjumlah 12 ini tinggal di tempat suci puncak gunung Olimpus, yaitu gunung tertinggi yang ada pada daratan Yunani.

Dalam mitologi Yunani, 12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon yang berarti penguasa alam semesta dari Panteon – Yunani. Nah berikut ini daftar 12 Dewa Olimpus.

1

Zeus

Zeus adalah anak dari Kronos dan Rhea. Kronos sangat ketakutan  jika anak-anaknya kelak akan menggulingkan kekuasaanya. Maka, setiap Rhea melahirkan seorang anak, Kronos bakal dengan segera memakannya hidup-hidup. Hal itu terjadi sampai anak ke-5.

Beruntung, Zeus berhasil diselamatkan oleh Rhea sehingga tidak dimakan oleh Kronos. Setelah dewasa, Zeus lalu melakukan pemberontakkan dan menyelamatkan semua saudaranya yang ditelan oleh Kronos. Ia pun memimpin perang terbesar antara para titan dan dewa yang disebut sebagai Titanomachy.

Perang tersebut dimenangkan oleh para dewa dan Zeus ditasbihkan sebagai raja para dewa. Zeus juga dikenal  sebagai dewa langit dan petir.

2

Hera

12 dewa olimpus

Hera adalah dewi perempuan, pernikahan dan kelahiran.  Dia merupakan kakak perempuan sekaligus istri dari Zeus. Awalnya, Hera menolak untuk dinikahkan dengan Zeus. Terlebih saat itu, Zeus sudah menikah dengan  Metis dan Themis.

Tak hilang akal, Zeus lalu mengubah wujudnya menjadi seekor burung tekukur. Hera yang melihat burung tersebut lalu memeluknya dengan erat. Dalam keadaan tersebut, Zeus kemudian kembali ke wujud aslinya dan langsung memperkosa Hera. Alhasil, Hera terpaksa harus menikah dengan Zeus.

Bersama Zeus, Hera malahirkan tiga orang anak yaitu  Ares, Hebe dan Eileithyia.

3

Poseidon

Poseidon dikenal sebagai dewa laut, sungai, dan danau serta memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Selain trisula, Poseidon juga memiliki hippokampos, makhluk mitologi berbentuk setengah kuda setengah ikan. Hippokampos menjadi alat transportasi Poseidon saat berpergian ke luar lautan. Poseidon juga disebut dewa kuda, dengan julukan Hippios (atau Konsos).

Meski tinggal di dalam lautan, namun kadang-kadang Poseidon sering berkunjung ke gunung Olimpian menggunakan Hippokampos. Untuk itu, ia masih termasuk dalam anggota 12 dewa Olimpian.

4

Ares

Ares merupakan anak dari pasangan Zeus dan Hera. Ia mempunyai dua orang pengawal yaitu  Fobos dan Deimos. Ia dikenal sebagai dewa perang yang selalu haus akan pertempuran darah. Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian.

Dalam mitologi Romawi, Ares disebut sebagai dewa Mars. Nama planet Mars merupakan salah satu penghormatan kepadanya, dan dua bulan yang mengitari planet Mars diberi nama sesuai dengan pengawal Ares yaitu Phobos dan Deimos.


CONTINUE READING BELOW

Kisah Mitologi: Perang Titanomachy, Perang Terbesar Bangsa Dewa Melawan Titan!

Kejadian yang disebut perang Titanomachy ini menjadi asal-muasal dari semua kisah dewa-dewi dalam mitologi Yunani. Seperti apa sih, perang Titanomachy tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.


Simak daftar 12 dewa olimpus selanjutnya di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca