5 Langkah Khusus untuk Memulai Startup! Kamu Ga Boleh Sembarangan!

Kamu tertarik untuk memulai startup? Coba terapkan 5 langkah dari pelaku startup yang sukses ini!

Memulai Startup saat ini banyak digandrungi oleh mereka yang muda dan penuh semangat. Namun, terdapat 5 langkah khusus untuk memulai startup, yang sangat wajib dilakukan oleh mereka yang ingin sukses di dunia tersebut.

Pada kesempatan Campus Checkpoint saat ini, Duniaku.net mengundang salah satu contoh sukses pelaku dunia Startup di Indonesia untuk membagikan pengalamannya di hadapan para Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Selasa (27/3). Pelaku sukses yang kami maksud tersebut adalah Andes Rizky, COO dari Shinta VR.

Pemilihan Andes sebagai pembicara pada Campus Checkpoint saat ini bukannya tanpa alasan. Saat banyak orang berpikir untuk menciptakan startup yang berhubungan di kehidupan sehari-hari, Andes malah nyemplung ke segmen yang masih sangat asing di kehidupan biasa, yakni Virtual Reality.

Walaupun asing, namun VR merupakan bidang yang sangat menjanjikan untuk 10 tahun ke depan. Dunia bahkan diprediksi akan berlangsung dengan segala macam teknologi yang mutakhir ke depannya, salah satu yang berperan penting adalah VR.

langkah khusus untuk memulai startup

Andes Rizky, COO dari Shinta VR

“Kita saat ini berada di revolusi industri 4.0. Apa artinya itu? Revolusi industri yang memiliki langkah lebih jauh dari sebelumnya, dan mengikutsertakan beragam teknologi baru yang mutakhir, yang biasa disebut sebagai revolusi industri Cyber Physical System,” tutur Andes di hadapan ratusan Mahasiswa Fakultas Teknik UI.

Andes menjelaskan, revolusi industri saat ini merupakan bukti perkembangan pesat dari revolusi yang sebelumnya. “Revolusi saat ini merupakan hasil perkembangan pesat dari tiga revolusi sebelumnya, yakni Mekanisme, Produksi Massal, lalu Komputer dan Otonom,” ucap Andes.


CONTINUE READING BELOW

Petinggi Agate Berikan Trik Bikin Game di Universitas Indonesia

Dalam kegiatan Campus Checkpoint yang digelar di Universitas Indonesia kali ini, Duniaku.net memboyong salah satu petinggi Agate, yakni Wiradeva Arif


“Berkat hasil perkembangan pesat tersebut, tidak heran jika revolusi 4.0 ini mengikut sertakan robot, VR, AI dan segala hal yang kita nikmati saat ini,” lanjutnya.

Andes pun turut menampilkan sebuah video yang memprediksi dunia pada tahun 2040 mendatang. Video buatan Science Nature Page tersebut dibuat dari kumpulan jutaan riset yang telah dilakukan.

langkah khusus untuk memulai startup

Surya Negara selaku Direktur CCIT FT UI membuka kuliah umum

Pada video yang ditampilkan oleh Andes, terlihat jika dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dari sisi teknologi. Hal itu pun menimbulkan banyak kesempatan bagi pemuda saat ini untuk ikut berkecimpung di dalamnya.

Video yang ditampilkan oleh Andes bisa kamu lihat di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=HzR53iKB14Q

“Setelah melihat video tersebut, apa yang akan kamu lakukan? Mungkin banyak di antara kamu yang ingin menghasilkan sesuatu untuk meramaikan dunia saat itu, namun prosesnya harus dimulai dari sekarang,” jelasnya.

Menurut Andes, proses tersebut dimulai dengan sebuah startup. Dengan startup, kamu bisa mengembangkan hal apapun yang terbesit di dalam pikiranmu saat ini. Namun sayang, ekspektasi dalam membuat startup sangat jauh berbeda dengan apa yang harus dilalui para pelakunya.

“Tentu dalam setiap ekspektasi hal yang ingin kita lakukan, jalan mulus adalah apa yang ada di pikiran kita semua. Namun sayang, perjalanan startup tidak akan semulus itu. Jalan yang harus dilalui sangatlah terjal dan banyak akan lubang kegagalan,” ucapnya.

Maka dari itu, Andes turut membagikan 5 langkah untuk memulai startup. Langkah apa saja yang dipaparkan oleh COO dari Shinta VR tersebut? Jawabannya bisa kamu temukan di halaman selanjutnya.

Share this article

TENTANG PENULIS