Kisah Mitologi: Achilles, Prajurit Setengah Dewa Yunani yang Legendaris

Apakah Kamu tahu asal-usul istilah cidera Achilles? Ternyata berasal dari kisah manusia setengah dewa yang satu ini lho!

Achilles adalah sosok legendaris dalam dunia mitologi Yunani. Dalam beberapa cerita, ia digambarkan sebagai seorang prajurit tangguh yang berhasil menaklukan beberapa pertempuran. Salah satu perang yang paling terkenal adalah perang Troya.

Nah berikut ini deretan fakta Achilles, prajurit setengah dewa Yunani yang legendaris.

1

Menjadi Manusia Setengah Dewa

Achilles merupakan anak dari pasangan Peleus dan Thetis. Achilles dipercaya banyak orang sebagai manusia setengah dewa karena ibunya, Thetis, adalah salah satu dari 50 Nereid (Anak dari Nereus dan Doris).

Saat lahir, Thetis berusaha menghilangkan sifat ketidakabadian Achilles yang diturunkan oleh ayahnya. Lalu, Thetis membawa Achilles untuk dicelupkan ke sungai Styx. Rasa takutnya, membuat Thetis terus memegang erat pergelangan kaki atau tumit Achilles saat dicelupkan.

Sejak saat itu Achilles sudah berubah menjadi makhluk imortal setengah dewa.

2

Kelemahan Achilles

fakta achilles

Namun, saat mencelupkan ke sungai Styx, ada satu bagian dari tubuh Achilles yang tidak abadi yaitu pergelangan kaki atau tumit. Hal ini karena Thetis terus memegang erat tumit Achilles.

Karena itu, satu-satunya kelemahan Achilles adalah di tumitnya yang kelak akan menjadi penyebab kematiannya.

3

Diramal Menjadi Prajurit Hebat

Pada umur 9 tahun, Calchas (ahli peramal) mengatakan bahwa Troy tidak dapat direbut tanpa Achilles. Namun, dalam perang tersebut jugalah Achilles akan dijemput ajalnya.

Mengetahui hal tersebut, Thetis melakukan berbagai cara supaya Achilles tak terlibat dalam perang Troya sekaligus menghindari takdir kematian. Ia bahkan sempat meminta Poseidon untuk menenggelamkan kapal-kapal Trojan yang menuju ke Sparta. Namun, dewa sendiripun tidak sanggup mengubah takdir.

Thetis juga sempat membuat Achilles berpenampilan seperti wanita untuk mengelabui takdir. Achilles dikirim ke Scyros untuk diperkenalkan kepada raja Lycomedes. Sayangnya, upaya penyamaran tersebut berbuah sia-sia setelah Odysseus membongkar penyamaran Achilles dengan terompet.


CONTINUE READING BELOW

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Dalam kepercayaan Nordik, alam semesta terbagi menjadi sembilan dunia. Kesemua dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil yang menjadi pusat alam semesta. Berikut ini daftar sembilan dunia dari pohon Yggdrasil yang dipercaya oleh bangsa Nordik


Cek fakta Achilles lain di halaman selanjutnya. Termasuk ketika Achilles berhadapan langsung dengan takdirnya dalam perang Troy.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca