5 Fakta Menarik Simo Hayha: Sniper Pembunuh 500 Prajurit Soviet!

Pria yang satu ini memiliki korban total 500 prajurit Soviet, yang dijatuhkannya dengan senapan tanpa teleskop dan SMG!

1523008855000

Di tahun 1940, pecah Perang Musim Dingin. Pihak yang terlibat dalam konflik ini adalah Soviet dan Finlandia. Soviet memulainya dengan menginvasi Finlandia.

Salah satu nama yang paling dikenang dari perang ini adalah Simo Hayha. Dijuluki White Death (Kematian Putih) oleh tentara Soviet, Hayha adalah ancaman menakutkan yang korbannya diperkirakan antara 200 hingga 500. Dia adalah sniper dengan korban jiwa terbesar dalam suatu perang.

Pingin kenal lebih jauh soal Simo Hayha? Duniaku.net merangkum sejumlah fakta menarik mengenai sang White Death ini.

1

Senapannya Tidak Menggunakan Teleskop

Ini adalah senapan yang digunakan Simo Hayha dalam beraksi. SAKO M/28-30, varian dari senapan Mosin-Nagant.

Mendengar kata sniper, gamer mungkin langsung membayangkan senapan dengan teleskop yang bisa membantu untuk membidik. Perhatikan baik-baik senapan Hayha di atas. Yep, sang White Death menggunakan senapan yang tidak dilengkapi teleskop dalam menjalankan aksinya.

Patut diingat, sesuai nama perangnya, medan pertempuran di Finlandia saat itu jelas diselimuti salju. Namun Hayha tetap dapat menjadi momok dengan korban ratusan meski tidak menggunakan teleskop.


CONTINUE READING BELOW

Woah! Novel Baru Naruto Akan Menyorot Sasuke, Naruto, dan Shikamaru!

Untuk yang penasaran sama pasangan Sasuke-Sakura atau Shikamaru-Temari, mungkin novel-novel baru Naruto ini patut dicoba! Naruto juga dapat, tapi rasanya keluarganya sudah banyak disorot sepanjang Boruto


Alasan Hayha tidak menggunakan alat bantu itu? Karena bila menggunakan teleskop, ia harus mengangkat kepalanya lebih tinggi, sehingga ia akan memberi kesempatan bagi musuh untuk menemukannya. Dengan mengandalkan iron sight, ia dapat merendahkan kepalanya hingga semakin sulit ditemukan.

Terutama karena pakaian serba putih yang dikenakan Hayha dalam perang membuatnya seperti membaur dengan salju.

2

Juga Menggunakan Submachine Gun dalam Beraksi

Catatan resmi militer Finlandia mengatakan kalau Hayha memiliki total 259 korban dari tembakan jauh.

Angka 500 bisa muncul karena dia tidak hanya bertempur secara sniper dengan M/28-30 miliknya, ia juga menggunakan submachine gun Suomi KP/-31. SMG ini juga membantu Hayha untuk menghabisi ratusan prajurit Soviet lain.


Fakta menarik Simo Hayha lainnya bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.