Mitologi Yunani: Ares, Dewa Perang dari Olimpus yang Dibenci!

Bagi Kamu yang penasaran dengan kisah dewa perang yang satu ini, simak deretan fakta Ares dalam kisah mitologi Yunani berikut.

Ares merupakan anak dari pasangan Zeus dan Hera. Ia mempunyai dua orang pengawal yaitu  Fobos dan Deimos. Ia dikenal sebagai dewa perang yang selalu haus akan pertempuran darah. Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian.

Bagi Kamu yang penasaran dengan kisah dewa perang yang satu ini, simak deretan fakta Ares dalam kisah mitologi Yunani berikut.

1

Dewa yang Dibenci

fakta ares

Dalam mitologi Yunani, ada beberapa dewa yang merepresentasikan tentang perang. Misalnya seperti dewi Athena yang melambangkan kebijaksanaan dan strategi perang. Ia juga sering disebut sebagai pelindung orang-0rang yang sedang berperang.

Berbanding terbalik dengan dewi Athena, Ares adalah dewa yang sangat haus akan pertumpahan darah dalam peperangan. Ia menjadi simbol dari kebrutalan dan kekejaman selama perang. Sifat Ares yang senang melihat pembantaian manusia dan penghancuran kota membuat ia sangat dibenci oleh para dewa. Bahkan ayahnya sendiri, Zeus, mengatakan jika Ares adalah dewa Olimpus yang paling dibenci.

2

Peralatan Perang Ares

Sebagai dewa perang, Ares dibekali berbagai macam peralatan perang. Ares memiliki tombak berujung perunggu dan seperangkat baju perang (helm, perisai, sabuk, pelindung kaki) yang sangat bercahaya.

Ia juga memiliki kereta kuda emas yang ditarik oleh empat ekor kuda abadi. Uniknya, keempat kuda tersebut masing-masing dapat menyemburkan api. Kuda-kuda tersebut adalah Aithon (Api merah), Konabos (Kekacauan), Flogios (Nyala api) dan Fobos (Rasa takut)

3

Cinta Terlarang dengan Afrodit

Fakta Ares selanjutnya adalah kisah cintanya dengan Afrodit. Padahal saat itu, Afrodit sudah memiliki suami, Hefaistos.

Suatu ketika,  Dewa matahari Helios melihat Ares dan Afrodit bercinta di kamar Hefaistos. Mengetahui hal tersebut, Hefaistos pun membuat sebuah jebakan berbentuk jaring tak terlihat yang di pasang di ranjangnya.

Saat Ares bercinta lagi dengan Afrodit di lain waktu, mereka langsung terperangkap dan tidak bisa bergerak. Hefaistos lalu mengundang seluruh dewa untuk melihat apa yang diperbuat istrinya bersama Ares. Ares dan Afrodit pun menjadi bahan tertawaan para dewa.


CONTINUE READING BELOW

Kisah Mitologi: 5 Fakta Pegasus, Kuda Bersayap yang Menjadi Rasi Bintang!

Fakta Pegasus selanjutnya adalah tentang kisah uniknya. Konon, setiap Pegasus menghentakan kakinya ke bumi muncullah sumber mata air


Eits, masih ada deretan fakta Ares di halaman selanjutnya lho. Penasaran? langsung saja buka halaman dua!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca