Kisah Mitologi: Herakles, Sang Penakluk Berwujud Manusia Setengah Dewa

Herakles atau Hercules yang berotot ini ternyata menjadi simbol dari maskulinitas lho. Gak aneh kenapa cowok berotot itu suka sama cowok lagi hehe

Salah satu dewa dari mitologi Yunani yang satu ini mungkin sudah sering Kamu lihat di berbagai film ataupun video game. Herakles sering digambarkan sebagai seorang manusia setengah dewa yang sangat kuat. Bahkan ia juga kerap diidentikkan dengan pria perkasa.

Nah seperti apa sih kisah dewa yang satu ini dalam mitologi Yunani? Simak deretan fakta Herakles berikut ini.

1

Anak Paling Dibenci Hera

fakta herakles

Herakles adalah anak dari Zeus. Namun ia juga merupakan anak paling dibenci oleh Hera, istri dari Zeus. Menurut berbagai versi, Herakles merupakan anak zeus yang lahir di luar nikah. Sebenarnya, Herakles adalah anak Zeus hasil perselingkuhan dengan  Alkmene.

Saat itu, Zeus yang jatuh kepada Alkmane, menyamar menjadi Amfitryon, suami Alkmene, untuk bisa menidurinya. Alkmane langung hamil setelah berhubungan dengan Zeus.

Ketika Herakles baru saja dilahirkan, Hera mengirim dua ekor ular untuk membunuhnya. Namun yang terjadi, justru Herakles lah yang membunuh ular-ular tersebut dan memainkannya layaknya mainan.

2

12 Tugas Herakles

Perseteruannya dengan Hera, memicu kegilaan dalam diri Herakles. Bahkan ia sampai membunuh anak-anaknya sendiri.

Untuk menebus dosa-dosanya tersebut, Herakles diberi tugas oleh Euristheus, orang yang mengambil alih tempat Herakles sebagai raja. Herakles berhasil menyelesaikan 10 tugas yang diberikan. Namun Euristheus tidak mengakuinya, ia pun memberikan dua tugas tambahan untuk Herakles. Dengan penuh perjuangan, akhirnya Heraklaes berhasil menyelesaikannya dan menggenapkan tugasnya menjadi 12.

Dari 12 tugas tersebut, beberapa yang cukup terkenal kisahnya adalah saat Herakles menakulkan singa Nemea yang mana kulitnya kebal tehadap panah, pedang, dan racun. Selain itu, Herakles juga berhasil mengalahkan Hidra, naga berkepala empat.

3

4 Istri Herakles

Selama hidupnya, dikisahkan Herakles telah menikah sebanyak empat kali. Istri pertama Herakles adalah Megara. Namun semua anak-anak hasil hubungannya dengan Megara dibunuh oleh Herakles.

Istri kedua Herakles adalah Omfale. Ratu dari Lydia ini menikahi Herakles saat sang pahlawan harus menjadi budak.

Istri ketiga Herakles adalah Deianira. Untuk mendapatkan Deianira, Herakles harus berjuang membunuh  dewa sungai Akhelous. Namun, di tangan Deianira jugalah Herakles bertemu ajalnya. Deianira menganggap Herakles telah selingkuh, lalu melumuri jubah Herakles dengan darah dari Nessus. Darah Nessus yang telah tercampuri darah Hidra membuat kulit Herakles terbakar.

Setelah kematiannya, Herakles kemudian diangkat menjadi dewa yang mendiami gunung Olimpus dan dinikahkan dengan Hebe.


CONTINUE READING BELOW

Mitologi Yunani: Ares, Dewa Perang dari Olimpus yang Dibenci!

Bagi Kamu yang penasaran dengan kisah dewa perang yang satu ini, simak deretan fakta Ares dalam kisah mitologi Yunani berikut.


Apalagi ya fakta Herakles lainnya? Simak info-info menarik lainnya sepurtar sang manusia setengah dewa ini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca