Russo Bersaudara Hobi Menghancurkan Kelompok Ikonik Marvel? Ini Buktinya!

Mulai dari SHIELD sampai perpecahan Avengers, semua Marvel Russo Bersaudara sejauh ini selalu berujung ke hancurnya kelompok ikonik Marvel! Yang hancur di Infinity War nanti apa ya? Separuh semesta sekalian?

1524394823000

Tinggal hitungan hari sebelum penayangan Infinity War. Untuk menyambut, penulis akan membawa kamu melihat kembali rekam jejak kehancuran dari Russo Bersaudara.

Salah satu hal yang unik dari film Marvel Russo Bersaudara adalah setiap film mereka selalu menampilkan konsekuensi yang mengubah dunia Marvel Cinematic Universe keseluruhan. Dampak perubahan tersebut sejauh ini selalu memperlihatkan hancurnya kelompok ikonik Marvel.

Tidak percaya? Yuk kita lihat kembali.

1

SHIELD dan HYDRA Jadi Korban di Captain America: The Winter Soldier

kelompok ikonik marvel - helicarrier shield

Organisasi SHIELD sangat membantu di Avengers pertama. Nick Fury dan Coulson menjadi pemersatu para pahlawan untuk menghadapi ancaman Bumi.

SHIELD sendiri adalah organisasi ikonik Marvel yang sangat berjasa di komik. Jadi tak heran kalau ada penonton film Marvel yang mengira organisasi ini akan terus ada hingga akhir semua fase Marvel Cinematic Universe.

Russo Bersaudara mengubah semua itu di Captain America: The Winter Soldier. Konflik film dimulai setelah Nick Fury, dan kemudian Steve Rogers, menyadari kalau ada pengkhianat di SHIELD. Masalahnya, terungkap kemudian kalau HYDRA sudah sepenuhnya menguasai organisasi itu.

Pada akhirnya, SHIELD dibubarkan. Tak hanya itu, Triskellion yang menjadi markas utama SHIELD versi Marvel Cinematic Universe pun hancur.

Sementara itu, HYDRA yang selamat hingga era modern pun kena batunya. Dengan dibocorkannya semua data SHIELD, agen-agen HYDRA pun ditangkapi oleh pihak berwenang.

2

Avengers Jadi Korban di Captain America: Civil War

Pertama-tama, sudah jelas kelompok ikonik Marvel yang jadi korban di Civil War adalah Avengers.

Avengers masih ada hingga Spider-Man: Homecoming. Namun kelompok itu telah kehilangan banyak sekali anggotanya. Yang diketahui tersisa hanya Vision, Iron Man, dan War Machine. Sisanya jadi buron karena kisruh Sokovia Accord.


CONTINUE READING BELOW

5 Tokoh Marvel yang Pernah Mengalahkan Thanos: Kuat-kuat Banget!

Sedikit lho tokoh Marvel yang pernah mengalahkan Thanos. Inilah lima di antaranya! Gimana menurutmu, siapa yang paling impresif?


Tapi yang mungkin tidak kamu sadari adalah: Russo Bersaudara seakan menegaskan kalau HYDRA dan SHIELD benar-benar hancur setelah The Winter Soldier.

Age of Ultron dan post-credit Winter Soldier menunjukkan masih ada kelompok HYDRA yang bergerak di bawah Baron Strucker. Namun Strucker mati di Age of Ultron, jadi tak mengherankan kalau anggota HYDRA yang ditangkap oleh Zemo di awal Civil War hidup dalam persembunyian, tak lagi memiliki pendukung yang dapat menolongnya.

Sisa-sisa SHIELD lalu diperlihatkan muncul di Age of Ultron, memberi pertolongan kepada orang-orang di Sokovia. Namun eksistensi mereka tak dianggap oleh PBB. Mereka pun tidak muncul sama sekali di film ini. Padahal kalau SHIELD masih ada, konflik yang menyebabkan separuh tim Cap ditahan mungkin tidak akan terjadi.

Dengan tidak memunculkan sisa-sisa SHIELD pimpinan Nick Fury, penulis kok merasa sebenarnya ada perbedaan pandangan antara Russo Bersaudara dan Joss Whedon. Russo Bersaudara masih ingin Nick Fury beraksi sendiri, sembunyi-sembunyi, untuk mengatasi sisa HYDRA seperti yang diperlihatkan di akhir Winter Soldier. Sementara itu Joss Whedon ingin kembali memunculkan Fury sebagai pemimpin di atas Helicarrier. Nick Fury dan SHIELD pun tidak muncul lagi karena mereka tidak masuk dalam rencana jangka panjang Russo Bersaudara.


Nah, itu kelompok ikonik Marvel yang hancur di tangan Russo Bersaudara.  Terus kelompok apa yang bakal hancur di Infinity War? Sepertinya banyak. Cek lanjutannya di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.