Menebak Ending Manga Dragon Ball Super: Berbeda dengan Anime dan Tidak Terhubung ke Movie?

Kata Toriyama-sensei, manga Dragon Ball Super bakalan berbeda dengan animenya. Apakah ending-nya akan berbeda dan nggak ada hubungannya dengan movie-nya nanti? Ini pembahasannya!

1524463207000

Sesaat sebelum anime Dragon Ball Super tamat pada bulan Maret lalu, Akira Toriyama selaku kreator original Dragon Ball pernah mengatakan bahwa manga Dragon Ball Super akan berlanjut dan memiliki perkembangan yang cukup berbeda dengan versi animenya. Dan benar saja, banyak sekali perbedaan yang cukup mencolok dan menarik dalam manga Dragon Ball Super, seperti misalnya: urutan eliminasi para petarung hingga Goku dan Hit yang bekerja sama melawan Jiren.

Berbicara mengenai perbedaan antara manga dan anime, ada dua hal yang cukup menggelitik dari keduanya. Pertama, ada kemungkinan bahwa Goku akan mendapatkan form baru selain Ultra Instinct—yang mana pernah kita bahas di artikel ini. Lalu, yang kedua adalah ending manga Dragon Ball Super.

Nah mengenai ending manga Dragon Ball Super ini, tampaknya akan sangat berbeda dengan ending dari anime. Jika ending anime Dragon Ball Super merupakan pembuka menuju Dragon Ball Super Movie, maka ending manga Dragon Ball Super tidak memiliki hubungan sama sekali dengan movie tersebut.


CONTINUE READING BELOW

Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Dari komentar Akira Toriyama sih, sepertinya Ultra Instinct bukanlah form terakhir Goku. Ini nih pembahasan kenapa Goku bakalan bisa mendapatkan form baru lagi!


Hal ini disebutkan sendiri oleh berbagai pihak yang terlibat—termasuk Toriyama-sensei—ketika promosi Dragon Ball Super Movie. Mereka mengatakan bahwa movie ini merupakan lanjutan kelanjutan dari serial animenya. Di lain pihak, alur cerita menuju Tournament of Power juga berbeda cukup jauh antara anime dan manga.

Misalnya saja seperti pertemuan antara Android 17 dan Goku di manga yang berhasil menutupi plot hole dalam anime Dragon Ball Super. Lalu, sebelum itu, ada juga kemunculan Uub ketika Goku meminta Dende untuk menunjukkan letak keberadaan Android 17. Bisa dibilang, manga yang dibuat oleh Toyotarou—yang mengaku sebagai fans berat Dragon Ball—benar-benar berusaha untuk mengikuti kisah originalnya sedekat mungkin.

Nah, kemunculan Uub ini bisa menjadi sebuah petunjuk besar bagaimana ending manga Dragon Ball Super nantinya. Lanjut ke halaman 2 untuk penjelasan selengkapnya!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.