Maksimalkan Potensi! Ini 5 Developer Game Indie Terbaik

Mereka mampu membuat keterbatasan menjadi sebuah prestasi!

Saat ini industri game harus diakui masih dikuasai oleh pengembang-pengembang besar. Maklum saja, dana yang fantastis serta sumber daya yang banyak tersedia membuat para pengembang besar ini leluasa mengeksplorasi apa yang ingin mereka buat dan kerjakan. Meskipun merugi, para pengembang besar ini masih memiliki cukup modal yang digunakan untuk membuat game, dengan harapan game tersebut bisa mendongkrak kembali bisnis mereka.

Tapi kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat para pengembang besar ini pada akhirnya harus bersaing ketat dengan para pengembang kecil-kecilan. Kita bisa menyebut mereka sebagai developer indie. Developer indie ini pada kenyataannya memiliki resource yang jauh lebih terbatas baik dari sisi sumber daya maupun dari sisi finansial. Mereka hanya bisa mengeluarkan modal yang tidak banyak untuk membuat game.


CONTINUE READING BELOW

Penjaga Dunia Bawah! Inilah Fakta Hades Versi God of War

Mereka mampu membuat keterbatasan menjadi sebuah prestasi!


Tapi keterbatasan yang ada ini berhasil disingkirkan oleh beberapa developer game indie. Mereka pada akhirnya sukses menciptakan game dengan kualitas terbaik dari keterbatasan yang mereka miliki. Nah, sejauh ini ada beberapa developer game indie terbaik yang ada di industri game. Duniaku.net kali ini sangat tertarik untuk membahas satu per satu developer game indie terbaik. Yuk, tanpa basa-basi, langsung saja kita bahas mengenai developer game indie terbaik yang ada di industri game. Cekidot!

1

Digital Happiness

Di tahun 2014 kita dikejutkan dengan pemberitaan bahwa salah satu game buatan Indonesia akan masuk ke Steam. Game tersebut berjudul Dreadout yang merupakan game survival horor besutan Digital Happiness. Game tersebut bisa dibilang laku keras di Steam dengan guyuran review positif. Meskipun kita tidak menemukan mekanisme baru di dalam game ini (karena sedikit mirip dengan Fatal Frame), tapi pengalaman untuk mengalahkan hantu versi Indonesia patut diacungi jempol.

Bahkan game ini dimainkan oleh salah satu Youtuber ternama, Pewdiepie lho. Sebagai sebuah developer game indie yang penuh dengan keterbatasan, Dreadout bisa dibilang dieksekusi dengan sangat baik. Grafis yang mantap serta suasana yang dibangun dengan sangat mencekam membuat Digital Happiness wajib mendapatkan apresiasi.

Developer game yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini membuat Dreadout dengan bujet yang cukup minim serta sumber daya manusia yang sedikit lho. Namun meski demikian, game yang satu ini mendapatkan satu juta unduhan di semua platform! Tentu prestasi ini luar biasa keren, terlebih lagi game ini buatan anak Indonesia.

Yang tak kalah keren adalah visi dari Digital Happiness itu sendiri yakni menginginkan game buatan mereka diingat di hati para gamer untuk waktu yang lama. Selain itu visi mereka juga didukung oleh sistem keuangan yang sehat, lingkungan kerja yang sehat serta karyawan yang bahagia. Adapun misi dari Digital Happiness adalah untuk mengembangkan dan mempublikasikan IP video game yang menawan dan sukses di multiplaftorm yang berbeda.

Selain itu misi mereka juga untuk mendongkrak teknologi serta tren di dunia game, menambah konsep keragaman lokal di dalam game mereka, serta membuat nilai yang lebih besar di pasar global.

2

Red Barrels

Outlast II

Bagi para penggemar survival horor, pasti kalian sudah tahu kan game Outlast Series? Game yang satu ini tampil begitu memukau dan mendapatkan sambutan hangat dari para gamer karena memang menawarkan kengerian yang maksimal. Teror dari developer yang satu ini berlanjut di tahun 2017 ketika mereka menelurkan satu buah seri lanjutan yakni Outlast 2. Di seri kedua, game ini tampil lebih sempurna di segala sisi.

Bagi kalian yang berpikir bahwa game ini dibuat oleh developer besar, kalian sepertinya harus menariknya kembali karena game yang satu ini ternyata dibuat oleh developer indie asal Kanada dan merupakan salah satu developer indie terbaik, Red Barrels. Ya, Red Barrels merupakan sebuah developer indie dari Kanada yang terletak di Quebec. Developer ini didirikan oleh David Chateauneuf, Hugo Dallaire dan Philippe Morin, pada bulan Juni 2011.

Ketiga orang tersebut pada awalnya bekerja di perusahaan game ternama lho seperti Ubisoft Montreal dan EA Montreal. Tapi pada akhirnya ketiganya memutuskan untuk keluar dan mengembangkan Outlast. Oiya, kesuksesan mereka di Outlast pertama membuat mereka seperti mendapatkan durian runtuh lho.

Keuntungan yang mereka raih sangat banyak sehingga pada akhirnya mereka mampu mengembangkan Outlast 2 dengan dana yang lebih besar sehingga hasilnya menjadi sangat maksimal. Yang paling kentara tentu saja kualitas grafis di Outlast 2 jauh lebih baik dibandingkan seri pertama lho.

Nah, ada perusahaan apalagi ya yang dianggap sebagai developer game indie terbaik? Yuk meluncur ke halaman selanjutnya.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!