Pembahasan Manga Boruto 23: Akhirnya Kawaki Muncul Lagi!

Ingat nggak kalau manga Boruto sudah rilis sejak tahun 2016 di Jepang? Akhirnya di tahun 2018 ini, Kawaki kecil muncul!

1525003229000

Pembahasan manga Boruto 23 ini jelas mengandung spoiler. Bahkan sebenarnya judulnya pun sudah memperlihatkan kehebohan utama dari bab ini. Kalau kamu tidak ingin terkena bocoran lebih lanjut, pikir-pikir lagi sebelum lanjut baca.

Kalau kamu memang sudah penasaran dengan kemunculan Kawaki, silakan simak pembahasan manga Boruto 23 di bawah ini!

SPOILER ALERT!!!

1

Misteri Kashin Koji Semakin Menguat

manga boruto 23 - kashin koji rasengan

Wah wah.

Sebelumnya, Kashin Koji sudah bikin penasaran karena dia menyampaikan dirinya memiliki koneksi dengan Konoha. Ia lalu terungkap memiliki Kuchiyose no Jutsu katak.

Ternyata kejutan Kashin Koji belum berhenti di situ. Manga Boruto 23 memperlihatkan dirinya juga mampu menggunakan Rasengan. Ini penting, karena sejauh ini jurus itu hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki hubungan dengan Minato Namikaze.

Yep, jurus ini diciptakan pertama oleh Minato. Lalu Jiraiya mengetahui cara menggunakannya dan mengajarinya ke Naruto. Konohamaru bisa menggunakan teknik ini setelah belajar dari Naruto. Untuk Boruto, seperti bisa kamu lihat di anime, dasar teknik ini dia peroleh dari Konohamaru.

Jadi dari siapa Kashin Koji diajari teknik ini? Apakah benar dia adalah salah satu anak yatim yang diasuh oleh Jiraiya dulu?

2

Simbol Warisan Momoshiki Semakin Jelas Efeknya

Saat Boruto membunuh Momoshiki, ada simbol aneh muncul di tangannya. Simbol itu lalu sempat berulah saat dia melawan Shojoji, membuat ia tidak bisa menggunakan jutsu.

Di manga Boruto 23 ini, simbol Boruto berulah lagi. Namun kali ini simbol itu justru menjadi penyelamat.

Konohamaru versi manga kembali menjadi pecundang di bab ini. Kalau di anime dia adalah andalan utama Tim 7 melawan musuh kuat seperti Zetsu Putih, di sini dia justru berkali-kali dihajar oleh musuh. Di bab ini saja dia hampir dibakar oleh jutsu Kashin Koji.

Tapi apa yang terjadi? Simbol Boruto aktif dan dia dapat secara ajaib menyerap jutsu Kashin Koji.

Kashin Koji menyebut simbol milik Boruto itu dengan nama Karma. Koji juga tampaknya mengetahui kalau simbol itu hanya dimiliki oleh mereka yang mengalahkan anggota klan Otsutsuki, karena dia mengungkit kalau dia mengira Narutolah yang mengalahkan Momoshiki.

Singkatnya, Karma adalah simbol yang diperoleh oleh siapa pun yang membunuh anggota klan utama Otsutsuki. Boruto adalah sosok pertama yang terlihat melakukan itu. Kinshiki diserap Momoshiki, Kaguya hanya disegel, sementara Toneri tidak dibunuh.

Bila simbol itu aktif, penggunanya dapat menyerap jutsu, seperti yang dilakukan Momoshiki dengan Rinnegan di tangannya.

Namun kekuatan itu harus dikuasai dulu. Boruto, yang bahkan tidak tahu apa itu Karma, langsung ambruk kelelahan setelah menggunakannya.


CONTINUE READING BELOW

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Walau rasanya bukan Jiraiya, koneksi Kashin Koji dengan Konoha dan Kuchiyose kataknya mungkin menunjukkan dia punya hubungan dengan sang Petapa Mesum



Bagaimana dengan Kawaki? Baca lanjutan pembahasan manga Boruto 23 di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.