Satu Kesalahan Ini Terus Dibuat oleh Developer Game Modern

Musik yang baik bakal berdampak kepada keseluruhan game. Percayalah!

1525345222000

Saya pribadi mengaku jarang mendapatkan feel yang luar biasa ketika memainkan game saat ini. Padahal dulu, ketika memainkan game, saya bisa merasakan feel yang begitu maksimal dan terus teringat dengan game yang sedang berusaha saya tamatkan bahkan ketika baru bangun tidur sekalipun.

Selain gameplay yang saat ini gitu-gitu doang serta minim inovasi, salah satu kesalahan yang dibuat developer game modern adalah mengenai musik atau soundtrack.

Di zaman dulu, sebuah soundtrack game harus diakui selalu bisa membuat kita sebagai gamer merasakan feel yang maksimal. Tema dari musik inilah yang menjadi kesalahan yang dibuat developer game modern.

Kesalahan seperti ini seperti dibuat secara berulang-ulang dan terus menerus. Padahal bila menengok ke belakang, ada banyak sekali atau bahkan hampir semua game memiliki musik yang luar biasa dan bisa teringat hingga sekarang.


CONTINUE READING BELOW

Meizu Percayakan Produk Terbarunya, Meizu M6, pada JD.ID

Musik yang baik bakal berdampak kepada keseluruhan game. Percayalah!


Saya pribadi masih ingat betul bagaimana sountrack game Final Fantasy menemani hidup saya dan juga bagaimana soundtrack dari game Crash Bandicoot membuat saya ingin bermain game tersebut terus menerus. Bukan hanya di dunia game saja ternyata kesalahan ini dilakukan.

Di dunia film, ada banyak film jadul yang terasa lebih ikonik dan bernyawa karena memiliki tema musik yang luar biasa keren. Industri film saat ini entah mengapa tidak bisa mengikuti kesuksesan film-film terdahulu meskipun tidak semua film seperti itu ya guys.

Kembali ke game, harus diakui, musik yang semakin mudah ditemukan di internet pada akhirnya membuat sebuah game seperti kehilangan identitasnya, itulah yang dikatakan salah satu penulis Whatculture (karena musik dalam suatu game bisa diunduh dan ditemukan dengan mudah di internet).

Selain itu, sebuah game juga dianggap tak memiliki tema musik yang tepat seperti game-game terdahulu, contohnya adalah game Crash Bandicoot yang punya tema musik heboh serta “unik”.

Selain game Crash Bandicoot, salah satu game yang punya tema musik cukup unik adalah Silent Hill dengan musik berjudul Promise-nya. Kekuatan musik inilah yang menjadi kesalahan yang dibuat developer game modern secara terus menerus.

Karena pada dasarnya, kekuatan musik adalah salah satu hal paling kuat di dalam game yang bisa membuat seseorang kembali pada kenangan saat memainkan game tersebut.

Musik yang kuat bisa memicu si gamer kembali memainkan game yang telah dimainkannya hanya untuk mendengarkan soundtrack-nya atau memainkan plot cerita serta gameplaynya sambil ditemani musik-musik yang luar biasa ikonik. Karena soundtrack yang fenomenal tentu bisa membuat game yang dibawanya menjadi game yang fenomenal pula.


CONTINUE READING BELOW

Lebih Intens! Shadow of The Tomb Raider Unjuk Trailer Perdana

Musik yang baik bakal berdampak kepada keseluruhan game. Percayalah!


Karena pada akhirnya, sebuah game yang punya soundtrack keren bakal kelihatan lebih solid dan tentunya game yang punya gameplay serta cerita menarik tidak akan ada apa-apanya tanpa soundtrack yang bagus.

Itulah kenapa game-game terdahulu mampu diingat sampai saat ini karena punya kualitas musik yang luar biasa mantap. Selain itu bagi saya pribadi, musik atau soundtrack yang baiklah yang bisa membuat The Witcher 3 jadi salah satu game terbaik sepanjang masa.

Mudah-mudahan sih di masa depan tidak ada lagi kesalahan yang dibuat developer game modern seperti mengabaikan kekuatan musik di dalam game ini.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!