Takut Data Hilang? Ini 4 Cara Backup Smartphone Xiaomi Kamu

Nomor 4 paling susah, jadi mending nomor 1 atau 2 aja..

Bagi para pengguna smartphone Xiaomi pasti sering melakukan backup smartphone Xiaomi. Terlebih mayoritas dari pengguna Xiaomi sangat senang melakukan modifikasi terutama menginstal berbagai custom ROM untuk disesuaikan dengan preferensi para pengguna.

Ada berbagai macam cara backup yang bisa dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hilangnya data-data pribadi yang penting seperti foto-foto kenangan bersama mantan, file-file penting seperti dokumen draft skripsi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya untuk melakukan backup smartphone Xiaomi-mu? Nih cek di bawah ini!

1

Backup Secara Langsung

 

4 Cara Backup Smartphone Xiaomi Kamu

Berbahagialah sebab smartphone Xiaomi yang masih memiliki OS MIUI bawaan resmi, sudah memiliki fitur backup & restore yang sudah tersedia di dalam sistem.

Bagaimana caranya? Kamu hanya tinggal mengakses menu settings lalu pilih additional settings dan pilih Backup & Reset. Setelah itu pilih Local Backups dan klik tombol “Back Up” di bagian bawah. Setelah itu kamu bisa memilih konten apa saja yang ingin kamu backup di dalam Xiaomi kamu.

2

Mi Cloud

4 Cara Backup Smartphone Xiaomi Kamu

Nah ini adalah fitur yang sangat menarik buat kamu buat para pengguna Xiaomi, sebab kamu bisa memanfaatkan fitur ini secara gratis.

Fitur ini layaknya iCloud bawaan Apple, kamu bisa mem-backup foto, kontak, notes dan lain sebagainya. Bagaimana cara menggunakannya? Ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Buka settings
  2. Pilih Mi Account dan sign-in menggunakan akun Mi kamu.
  3. Jika sudah masuk, pilih Mi Cloud
  4. Setelah itu nyalakan semua konten yang mau kamu sinkron, seperti kontak, sms, foto dan video, dan lain sebagainya.

Fitur Mi Cloud ini bahkan bisa kamu akses melalui PC dengan cara mengakses situs Mi Cloud. Kamu juga bisa memanfaatkan Mi Cloud ini, jikalau Xiaomi kamu hilang dan ingin mendeteksi di mana Xiaomi kamu berada.

3

Aplikasi Pihak Ketiga

4 Cara Backup Smartphone Xiaomi Kamu

Sumber: Cloudwards

Selain menggunakan fitur bawaan Xiaomi, kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi-aplikasi yang juga bisa digunakan sebagai backup.

Beberapa diantaranya adalah Google Drive atau Dropbox, yaitu aplikasi penyimpanan dengan sistem cloud. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi dengan sistem backup lokal seperti Titanium Backup.

4

Backup Via PC

4 Cara Backup Smartphone Xiaomi Kamu

Xiaomi juga memiliki fitur backup via PC. Untuk melakukan ini kamu perlu menginstal terlebih dahulu Mi PC Suite di PC kamu yang bisa kamu unduh di sini, serta kamu perlu kabel USB untuk menghubungkan antara smartphone Xiaomi kamu ke PC.

Setelah menginstal, hubungkan smartphone Xiaomi ke PC, tunggu beberapa saat maka akan muncul tampilan dengan gambar smartphone sesuai tipe Xiaomi kamu. Selanjutnya pilih menu “My Device” dan kamu akan melihat berbagai pilihan untuk melakukan backup ke PC kamu.

Selain untuk melakukan backup, kamu juga bisa melakukan flash ke Xiaomi kamu menggunakan Mi PC Suite. Selain itu, kamu juga bisa sharing internet melalui USB dari smartphone jika seandainya tidak ada sinyal Wifi untuk laptop kamu.


Nah itu dia berbagai cara untuk melakukan backup smartphone Xiaomi kamu. Kalo saya sendiri sih senangnya menggunakan yang nomor 1 dan 2, lebih mudah soalnya.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung