Kalau Kamu Pengguna Twitter Ganti Password Sekarang Juga! Ada Bug yang Mengancam!

Peringatan-peringatan! Ganti password Twitter kamu sekarang juga!!!

1525408259000

Keamanan sosial media nampaknya semakin mengerikan saja saat ini. Setelah Facebook, kini Twitter menjadi sosial media yang tengah mendapati perhatian besar soal keamanan. Pasalnya, saat ini terdapat kewajiban bagi pengguna Twitter ganti password pada akun mereka.

Kewajiban mengganti pengguna Twitter ganti password ini bahkan diumumkan langsung oleh akun resmi @TwitterSupport, Kamis (4/5). Pihaknya mengatakan, bahwa saat ini telah ditemukan bug yang menyimpan kata sandi di dalam log internal.

“Kami baru-baru ini menemukan bug yang menyimpan kata sandi melalui log internal. Kami telah memperbaiki masalah ini dan tidak ada indikasi pelanggaran atau penyalahgunaan oleh siapa pun. Sebagai tindakan pencegahan, ubahlah kata sandi Anda pada semua layanan dimana Anda menggunakan kata sandi yang sama,” tulis @TwitterSupport.

Twiiter diketahui menggunakan hashing untuk menutuipi kata sandi pengguna, sehingga kata sandi tersebut disimpan di dalam server sosial media burung hijau tersebut dalam bentuk sekumpulan angka dan huruf acak, dan bukan teks biasa.


CONTINUE READING BELOW

Hanya di Indonesia, Agen Rahasia Buka Identitas di Sosial Media

Banyu Biru, yang akan diangkat menjadi agen rahasia Indonesia pamer Surat Keputusan Pengangkatan-nya ke sosial media. Kepala BIN langsung pusing dibuatnya.


Sayangnya, dikarenakan bug yang ada, kata sandi yang masuk ke dalam log internal seblum proses hashing selesai. Pihaknya mengaku, bug tersebut dilihatnya sendiri tanpa ada campur tangan pihak manapun, dan langsung memperbaiki masalah itu. Dengan demikian, pihaknya yakin jika belum ada orang lain yang melihatnya.

Menurut postingan dari akun yang sama, saat ini Twiiter tengah menerapkan rencana untuk mencegah terjadinya bug yang sama. Perusahaan tersebut mengatakan, rencana yang dibuat ini guna menghindari munculnya bug yang sejenis, atau terjadi masalah yang serupa.

Jika kamu merupakan pengguna Twitter, maka saat ini silahkan untuk mengganti password akun Anda. Tidak hanya itu, jika password yang digunakan sama untuk platform lain, seperti email, sosial media lain, atau bahkan kode pada ponsel, maka silahkan lakukan juga pergantian.

Munculnya pengumuman dari Twitter ini seakan menjadi cubitan hebat bagi para penggunanya. Pasalnya, pengguna seperti diingatkan untuk tidak menggunakan password yang sama dari satu platform ke platform lain. Hal itu bertujuan agar jika ada kebocoran di satu platform, pengguna tak perlu khawatir akan nasib platform yang lain.


Apakah kamu merupakan pengguna Twitter? Jika iya, sudahkah kamu mengganti password akun sosial media yang khas dengan burung biru tersebut?

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.