Jangan Update Windows 10 Dulu! Ada Bug yang Mengunci Chrome Browser dan Aplikasi Lainnya

Makanya mimin ampe sekarang masih pake Windows 7, lebih dikarenakan laptop mimin kagak kuat sih.. :v

Buat kamu pengguna Windows 10 dan rajin untuk melakukan update. Hati-hati, ada update windows 10 yang malah mengunci aplikasi Chrome Browser dan beberapa aplikasi lainnya.

Hal ini juga diakui oleh Microsoft sendiri. Dilaporkan dari The Guardian, bahwa ada sejumlah bug di update Windows 10 versi terakhir yang menyebabkan beberapa aplikasi seperti Google Chrome menjadi freeze. Tidak ada yang bisa dilakukan bahkan menekan CTRL+ALT+Del pun tidak memberikan bantuan.

Lucunya, aplikasi virtual assistant Cortana bawaan dari Microsoft juga mengalami freeze setelah melakukan update Windows 10 ini. Meskipun kamu menekan tombol CTRL+ALT+Del juga tidak memberikan respon apa-apa. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menekan tombol “sleep” dan tekan kembali tombol power.

mempercepat windows 10

Microsoft mengakui bahwa bug ini tidak semua mengalaminya. Bug yang memang sangat menganggu ini mayoritas dialami oleh para pengguna PC maupun laptop dengan spesifikasi chipset Intel terbaru dengan kartu grafis onboard atau terintegrasi oleh chipset Intel.

Microsoft berjanji akan memperbaiki bug update ini dan direncanakan akan rilis pada tanggal 8 Mei nanti. Microsoft sendiri memberikan solusi sementara melalui situs keluhan resmi mereka.

Salah satu pihak Microsoft memberikan solusi di situs dengan judul diskusi “Some devices may hang or freeze when using certain apps, such as “Hey Cortana” or Chrome, after installing the Windows 10 April 2018 Update”. Pada situs tersebut, Microsoft memberikan solusi sementara dengan cara berikut.

Jangan Update Windows 10 Dulu! Ada Bug yang Mengunci Chrome Browser dan Aplikasi Lainnya

Salah Satu Jawaban dari Pihak Microsoft Mengenai Bug Windows 10

Para pengguna PC desktop, kamu bisa menekan dan tahan tombol “Windows” + CTRL + Shift + B secara terus menerus. Jika kamu menggunakan tablet, tekan tombol volume-up dan volume-down secara terus menerus sampai keluar suara dari Windows dan melakukan refresh layar.

Jika kamu pengguna laptop, kamu bisa menutup layar laptop kamu. Setelah beberapa saat, kamu bisa membukanya lagi untuk memperbaiki freeze yang terjadi.

Nah buat kamu para pengguna Windows 10, lebih baik jangan update terlebih dahulu. Nggak enak juga kan, pas kita mau nge-Dota, eh malah freeze PC. Meskipun memang selama ini yang dilaporkan para pengguna kartu grafis Intel, tidak lepas kemungkinan juga para pengguna kartu grafis eksternal bisa terkena juga.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung