Rumor: Liga Indonesia Bakal Hadir di PES 2019?

Persebaya vs Arema secara virtual di PES?

Sesuai yang sudah dijanjikan oleh Konami, akhirnya semalam (9 Mei 2018) Pro Evolution Soccer (PES) 2019 sudah dikonfirmasikan secara resmi lewat sebuah trailer. Bocoran-bocoran sebelumnya pun akhirnya terkonfirmasi, mulai dari kemampuan menampilkan pertandingan dengan resolusi 4K, sistem Master League yang baru, hingga gameplay yang lebih realistis.

Selain itu, setelah kehilangan lisensi Liga Champions, PES 2019 pun menjanjikan bakal menambahkan beberapa lisensi liga baru ke dalam PES 2019. Yap, sudah menjadi rahasia umum bahwa lisensi adalah satu hal yang membuat PES tertinggal dari FIFA. Dan diharapkan, tambahan lisensi liga-liga baru ini bisa memperkecil gap ketertinggalan tersebut.

liga indonesia PES 2019

Lalu lisensi liga apa saja yang akan ditambahkan?

Melihat trailer perdana yang sudah dirilis, sudah pasti salah satunya adalah Liga Spanyol dengan Barcelona kembali sebagai partner resminya. Ada kemungkinan juga tambahan Liga Inggris (semoga kali ini lisensi penuh ya!), mengingat Beckham juga muncul bersamaan dengan Coutinho di trailer tersebut, dan juga muncul screenshot Liverpool.

liga indonesia PES 2019

Yang menarik adalah beberapa hari sebelum konfirmasi resmi PES 2019, beberapa rumor sudah beredar mengenai liga apa yang akan ditampilkan di game tersebut. Salah satunya adalah Liga Indonesia! Benarkah?

Rumor ini pertama kali dihembuskan oleh salah satu blog berbahasa Jepang dan juga di akun Twitter resmi Sakarabo.

Jika kamu menggunakan Google Translate di tweet tersebut, akan berbunyi:

Sakarabo | Football Summary Preliminary Report: 【Quick News】 Winning Eleven 2019 will be released on 30th August! Large licensing increase in China, Russia, Australia, Mexico, Indonesia etc?”

Tweet ini pun di-retweet oleh salah satu akun Twitter yang membahas Winning Eleven (judul resmi PES di pasar Asia), WE_FootballStyle sebagai berikut.

Yang jika diterjemahkan berarti:

“The Indonesian league is also rising with rumors”

Benarkah rumor ini? Konami sendiri hanya mengungkapkan bahwa mereka siap menambahkan beberapa lisensi liga baruu di PES 2019. Namun mereka belum memberikan konfirmasi liga apa saja. Di website resminya mereka hanya menuliskan “New, fully licensed leagues are coming to PES 2019. Full details to be revealed soon!

Artinya mungkin mereka akan memberikan detail lebih banyak mengenai liga-liga ini dalam beberapa minggu ke depan. Yang paling mungkin adalah membeberkan detail tersebut jelang E3 2018 yang akan digelar tanggal 12 hingga 14 Juni 2018 mendatang.

PES 2019 sendiri akan dirilis lebih awal dibandingkan tradisi seri-seri sebelumnya. Rencananya, PES 2019 akan dirilis pada tanggal 28 Agustus 2018 di US dan 30 Agustus 2018 di Eropa untuk PS4, Xbox One dan PC.


CONTINUE READING BELOW

Meski Ga Ada Champions League, Ini Dia Fitur-Fitur Menarik PES 2019!

Banyak yang bertanya-tanya mengenai masa depan PES 2019 setelah lisensi resmi Liga Champions dipegang oleh rival mereka, FIFA 19. Tetapi, ternyata tidak akan membuat game ini kalah seru. Berikut merupakan fitur-fitur menarik PES 2019.


Asyik juga ya jika Liga Indonesia muncul secara resmi di PES!

Via Liga1PES Indonesia, diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.