Ada yang Menarik dari Jamuan Ivankov di One Piece 904!

Wah, sepertinya Emporio Ivankov sudah mempersiapkan jamuan besar sejak One Piece bab 827 lho!

Pembahasan di bawah ini mungkin mengandung spoiler untuk kamu-kamu yang hanya mengikuti One Piece versi anime. Jadi berpikirlah dua kali sebelum melanjutkan.

SPOILER ALERT!!!

Emporio Ivankov kembali di One Piece 904.

Di bab itu, terungkap kalau ternyata Kerajaan Kamabakka sudah menjadi markas baru Pasukan Revolusioner setelah Baltigo hancur. Beberapa komandan mungkin belum hadir, namun para tokoh besar (Koala, Dragon, Sabo) sudah berkumpul di sana.

Yang menarik adalah meja jamuan yang sudah Ivankov persiapkan untuk Dragon. Kamu mungkin ingat kalau Ivankov sudah mempersiapkan meja makan ini sejak kisah sampul bab 827 One Piece.

Bahkan pot yang ditangani para okama pun diperlihatkan lagi di bab 904. Demikian pula dengan taplak hati khas yang dipilih oleh para okama.

Signifikansi dari detail ini adalah: Baltigo diketahui hancur di bab 823. Sementara Luffy sempat mengkhawatirkan Sabo, sejak awal Ivankov dan para okama di kerajaannya sudah tahu kalau Pasukan Revolusioner selamat.

Dragon pun tampaknya sudah menghubungi penguasa Kerajaan Kamabakka itu sebelum memulai perpindahan pasukan. Karenanya kita bisa melihat para okama mempersiapkan dekorasi meja segala.


CONTINUE READING BELOW

Spekulasi Peristiwa Baltigo: Bukti Kehebatan Monkey D. Dragon?

Kenapa kehancuran Baltigo, yang merupakan pulau markas Pasukan Revolusioner, dianggap kehebatan Monkey D. Dragon? Ini pembahasannya!


Untuk saat ini masih misteri bagaimana Baltigo bisa hancur. Yang jelas, melihat Dragon dan Sabo tidak terluka, kemungkinan besar Pasukan Revolusioner memang tidak bertarung dengan armada Marshall D. Teach. Terutama bila benar Dragon sudah menyampaikan sebelumnya perpindahan markas ke Kamabakka.

Bahkan bisa jadi mereka memang sengaja memancing armada Blackbeard ke Baltigo. Sekarang, Pasukan Revolusioner berada dalam situasi ideal untuk menggempur Reverie: berita terakhir mengenai mereka menyebutkan markas mereka hancur. Angkatan Laut mungkin tidak akan menyangka kalau tiba-tiba Dragon dan para komandan Pasukan Revolusioner muncul dan membuat kekacauan di Mariejois.

Pertanyaannya: akankah penyerangan Pasukan Revolusioner berakhir? Itu patut kita nantikan. Soalnya melihat pengerahan pasukan besar-besaran ini, bila Dragon gagal maka Pasukan Revolusioner pun akan mendadak lemah karena kehilangan pemimpin dan banyak komandan mereka.


Jadi, ternyata Oda sudah memberi indikasi mengenai nasib Pasukan Revolusioner setelah kehancuran Baltigo lewat dekorasi taplak dan pot Ivankov di bab 827. Gimana menurut pendapat kamu soal ini? Sampaikan di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.