Qualcomm Snapdragon 710, Bikin Smartphone Murah Terasa Mahal

Snapdragon 710 lebih baik dari Snapdragon seri 600 manapun? Ini alasannya!

1527134451000

Dalam waktu dekat, jarak antara smartphone biasa dan flagship nampaknya akan semakin tipis. Hal itu disebabkan oleh kehadiran Qualcomm Snapdragon 710, yang memiliki sederet kemampuan canggih, sehingga membuat smartphone biasa memiliki cita rasa flagship.

Dilansir dari laman Engadget, Kamis (24/5), Qualcomm Snapdragon 710 merupakan chipset yang dibekali dengan beragam fitur canggih, meliputi AR Emoji, Animoji dan juga Face ID. Hal itu membuat 710 sebagai chipset yang kuat dan mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda di dalam smartphone kelas menengah.

Qualcomm Snapdragon 710

sumber: Engadget

Qualcomm Snapdragon 710 merupakan chipset yang hadir dengan multi-core AI Enging. Chipset tersebut juga mendukung pemrosesan jaringan syaraf. Tidak hanya itu, chipset tersebut juga telah dilengkapi dengan prosesor sinyal gambar dan kartu pengolah grafis yang biasanya hanya dapat ditemui pada chipset kelas kakap.

Snapdragon 710 merupakan langkah awal Qualcomm dalam menghadirkan chipset dengan seri 700. Berdasarkan kabar yang ada, Qualcomm akan memperkenalkan seri 700 pada perhelatan MWC tahun ini, dengan posisi yang lebih tinggi dari seri 600, namun dibawah seri 845.


CONTINUE READING BELOW

Xiaomi Redmi S2, Smartphone Selfie Seharga Rp2 Jutaan!

Nampaknya Xiaomi enggan untuk beristirahat sejenak dalam menghadirkan smartphone barunya ke Indonesia. Setelah Redmi Note 5, kali ini Indonesia dihadirkan dengan pilihan smartphone yang lebih murah lagi, yakni Xiaomi Redmi S2, smartphone yang fokus pada kemampuan selfie.


Chipset yang berdiri diatas manufaktur 10 nm tersebut dilengkapi dengan prosesor gambar Spectra 250 yang mampu memberikan dukungan AI pada fitur kamera sebuah smartphone. Adapun bantuan AI yang dimaksud adalah perhitungan efek depthm sehingga mampu menghasilkan gambar bokeh yang lebih ciamik.

Qualcomm Snapdragon 710 juga mendukung video dengan resolusi 4K HDR. Adanya pengolah grafis Adreno, penghematan daya bisa terjadi sebanyak 40 persen ketika tengah menonton layar 4K HDR. Chipset tersebut juga diyakini lebih irit daya saat bermain game, saat dibandingkan dengan Snapdragon 660.

Qualcomm Snapdragon 710

sumber: Engadget

Berbicara soal daya, chipset tersebut sudah didukung dengan fitur Quick Charge 4+, yang mana memungkinkan perangakat untuk terisi daya baterainya sebanyak 50 persen hanya dalam waktu 15 menit.

Terdapat pula modem LTE X15, yang memungkinkan smartphone yang mengadopsinya untuk memiliki kecepatan download hingga 800 Mbps.

Kira-kira, smartphone apa saja yang akan mengadopsi si Snapdragon 710 ini ya? Berapa harga yang akan dipatok oleh vendor, bagi mereka yang ingin memiliki smartphone dengan chipset baru tersebut? Kalian bisa memperkirakannya?

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.