Review Jurassic World 2: Dinosaurus Lebih Kecil, Horor Lebih Besar

Jurassic World 2: Fallen Kingdom ini adalah film dari franchise Jurassic Park yang paling minim tema “Park”-nya. Dinosaurusnya juga lebih kecil, tapi filmnya intens dan menegangkan.

1528621209000

Banyak sekali perubahan yang dibuat oleh sutradara JA Bayona terhadap film ini. Simak seperti apa perubahan tersebut dalam review Jurassic World 2 berikut ini.

Seberapa baik pun para kru dan sutradara memoles film-film dalam franchise Jurassic Park, hasilnya belum tentu akan sebaik film Jurassic Park (1993) pertama karya Steven Spielberg. Mengapa?

Sebab Jurassic Park (1993) itu menyandang status legendaris bukan hanya karena polesannya, tapi juga karena ia adalah film yang mendobrak batasan.

Ia mengubah sejarah perfilman lewat pencapaian teknisnya. Para dinosaurus dibentuk menggunakan computer-generated imagery (CGI)—yang pada waktu itu tidak semudah sekarang—dan animatronik, robot raksasa yang dilapisi kulit latex hingga berbentuk dinosaurus.


CONTINUE READING BELOW

Tanggal Rilis Jurassic World 3 akhirnya Terungkap! Inikah Akhir dari Sebuah Trilogi?

Meskipun Jurassic World: Fallen Kingdom masih belum tayang, Universal sudah merencanakan akhir dari trilogi ini! Simak kabar selengkapnya di sini!


Pencapaian film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Michael Crichton ini kemudian diganjar Oscar lewat kategori efek visual dan desain suara.

Maka, selama film-film sekuelnya belum menjadi pionir atau pendobrak, terutama dalam hal dinosaurus yang jadi sajian utamanya, akan sulit untuk menyertakannya dengan Jurassic Park (1993) dalam satu koridor.

Sebelum memasuki review Jurassic World 2, baca sinopsisnya dulu sebagai berikut.

Sinopsis

Mengikuti kisah prekuelnya, Jurassic World 2 atau Jurassic World: Fallen Kingdom ini mengambil tempat di Isla Nublar, pulau di mana wahana Jurassic World berada. Dalam Jurassic World (2015), wahana tersebut hancur dan ditinggalkan karena sosok dinosaurus hasil rekayasa genetika, Indominus rex, lepas dan mengamuk.

Kini, Isla Nublar telah dikuasai para dinosaurus. Namun, mereka terancam punah kembali karena gunung api di pulau tersebut hendak meletus.

Pawang dinosaurus Owen Grady (Chris Pratt) dan mantan manajer Jurassic World, Claire Dearing (Bryce Dallas Howard), diutus untuk menyelamatkan dinosaurus dari kepunahan.

Sayang, rencana tersebut kemudian terancam karena penipuan dan pengkhianatan.

Jurassic Park tanpa “Park”

Jurassic World: Fallen Kingdom atau kita panggil saja Jurassic World 2 adalah film franchise Jurassic Park yang paling minim tema “park” atau “taman”-nya.

Sekuel kedua, The Lost World: Jurassic Park (1997) memang tak mengambil tempat di Taman Jurassic seperti film pertama. Dr. Ian Malcolm, Dr. Sarah Harding, dan rekan-rekan mereka dikirim untuk menghentikan upaya keponakan John Hammond yang hendak memindahkan dinosaurus keluar dari pulau Isla Sorna.

Namun, Isla Sorna di The Lost World masihlah bagian dari Taman Jurassic. Ada fasilitas yang dibangun manusia dan ada juga sisi misterius dari alam yang ikut menciptakan rasa “petualangan” bagi Ian Malcolm dkk.

Rumah besar milik Sir Benjamin Lockwood—rekan John Hammond saat menciptakan teknologi kloning dinosaurus—di Jurassic World 2 ini sebenarnya juga beraura zaman purba karena memamerkan fosil dan replika dinosaurus.

Konsep Taman Jurassic pada dasarnya seperti taman safari, di mana pengunjung memasuki lokasi tempat tinggal dinosaurus.

Intinya, JA Bayona membawa dinosaurus menjauhi alam (Isla Nublar, tempat taman Jurassic World berada) dan membawanya keluar dari habitat naturalnya, tepatnya habitat manusia.

jadwal rilis jurassic world 2

Kini, manusia bukan lagi memasuki alam dinosaurus; dinosauruslah yang memasuki alam manusia. Sama seperti babak akhir The Lost World ketika T-Rex mampir ke San Diego.

Babak akhir T-Rex di San Diego itu hanya sebagain kecil dari film dibandingkan dengan petualangan Ian Malcolm di Isla Sorna. Sementara itu, sebagian besar porsi aksi dan petualangan Jurassic World 2 mengambil tempat di rumah besar Lockwood yang penuh kamar dan tembok-tembok.

Petualangan Owen dkk. saat menyelamatkan para dinosaurus dari letusan gunung api hanya berperan sebagai pembuka saja.

Perbedaan paling signifikan lain dalam Jurassic World 2 versi JA Bayona ini ialah dinosaurusnya yang semakin kecil. Simak kelanjutan review Jurassic World 2 di halaman sebelah.

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.