Sempat Viral, Inilah 4 Fakta Mengerikan Tentang Kuyang

Hayoh, siapa yang mau nangkep Kuyang nih? Hahahaha

1528772400000

Kemarin orang membicarakan tentang sosok Kuyang, hantu menyeramkan dari tanah Kalimantan yang oleh para netizen hendak dipanen organ tubuhnya.

Beberapa hari yang lalu sampai berita ini diturunkan, banyak pengumuman atau rilis tentang barang elektronik super canggih dan super mahal sampai untuk memilikinya orang harus rela memanen organ tubuh dari hantu Kuyang, hantu seram dari Kalimantan.

Perwujudan Kuyang yang sebenarnya dilihat oleh manusia normal sangat menyeramkan ini ternyat tidak membuat netizen gentar untuk menjadikannya bahan becandaan, bahkan dijadikan meme yang beredar dengan sangat cepat di jagad dunia maya.

Tentu hal ini menjadi sangat menarik jika kita kupas lebih dalam (setajam silet!) mengenai hantu pemakan darah nifas ini, apa sih Kuyang itu? Bahas bersama yuk.

1

Apa Itu Kuyang?

Kuyang

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Kuyang adalah : siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Mendengar istilahnya saja kita sudah bergidik membayangkan sosok kepala manusia yang terbang dengan jeroan masih berada menempel di lehernya. Kuyang sendiri menurut pengertian orang awam adalah mahluk jadi jadian yang diartikan hidup di dua alam (alam manusia dan alam gaib). Singkat cerita Kuyang ini adalah semacam ajian ilmu hitam yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan tertentu.

2

Asal Usul Kuyang

Kalimantan

Kuyang yang kita sebut-sebut sejak tadi sebenarnya mempunyai ragam nama lain di daerah luar Kalimantan, orang Sumatera menyebutnya Palasik, dan orang Bali menamainya Leak. Wujudnya sama, sesosok kepala terbang dengan organ tubuh masih menempel. Asal usul hantu ini pun beragam, sesuai daerahnya.

Di Kalimantan, hantu ini sebenarnya adalah wujud pesugihan untuk bisa hidup abadi atau awet muda selamanya, si pelaksana ajaran sesat ini biasanya wanita dan untuk bisa bertahan lama maka dia harus meminum darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan untuk syarat awet mudanya.

Si Kuyang ini bisa menandai mangsanya dengan cara mengelus-elus wanita perut wanita yang sedang hamil besar, maka dari itu di desa terpencil sampai sekarang ada yang masih percaya kalau wanita yang sedang hamil besar harus ditunggui oleh saudaranya 24 jam penuh.


CONTINUE READING BELOW

Hayoh, siapa yang mau nangkep Kuyang nih? Hahahaha


Dalam masyarakat Suku Dayak Banua ada sebuah tarian Belian yang dinamakan dengan ’Tarian Kuyang’, yakni sebuah tarian yang ditujukan untuk mengusir hantu-hantu penjaga pohon-pohon yang besar dan tinggi agar tidak mengganggu manusia atau orang yang akan menebang pohon tersebut. Masyarakat Banjar percaya jika hanya dengan menggunakan minyak tertentu seorang wanita bisa berubah wujud menjadi Kuyang.

Bagaimana dengan tempat lain? Asal-usul siluman mengerikan yang bisa saja merupakan jalan pintas menuju kekayaan ini bagaimana?


Share this article

TENTANG PENULIS
Gerry Eka

Pria penikmat Nasi Goreng yang mengklaim dirinya sebagai atlit Diablo 3 Profesional, mengidamkan punya SEGA Genesis lagi biar bisa main Bare Knuckle 3.