Spekulasi Hubungan Mitologi Uranus dengan Penguasa Dunia One Piece

Uranus adalah salah satu Kodai Heiki (senjata kuno) One Piece yang belum terungkap. Apakah Uranus sebenarnya terhubung ke penguasa dunia One Piece saat ini?

1529377242000

Kadang, di dunia anime ada beberapa judul yang seenaknya menggunakan istilah nyata untuk hal yang tidak ada hubungannya.

Namun untuk penamaan Kodai Heiki alias Senjata Kuno di One Piece, Oda tampaknya memang minimal mereferensi kepada dewa-dewa mitologi. Contoh yang sudah kita lihat adalah Poseidon, yang memang berhubungan dengan lautan.

Pluton dan Uranus masih misterius. Namun Pluton adalah nama lain dari dewa Hades, sedangkan Uranus adalah nama seorang dewa primordial.

Apakah ada hubungan antara mitologi Uranus dengan penguasa dunia One Piece yang telah terungkap? Mari kita simak.

Namun sebelumnya, peringatan: pembahasan ini mengandung spoiler One Piece 908.

SPOILER ALERT!!!

1

Mitologi Uranus

Dalam mitologi Yunani, Uranus disebut sebagai dewa primordial. Sebelum para Titan dan dewa seperti Zeus eksis, dia sudah ada. Bahkan sebenarnya dia inilah ayah dari para Titan.

Uranus, sebagai langit, adalah suami dari Gaia yang merupakan ibu bumi. Sebelum

Gaia melahirkan para Titan dari hubungannya dengan Uranus. Namun Uranus tak menyukai anak-anaknya. Bahkan ada anak-anak Gaia ini yang dipenjara di Tartarus yang terletak jauh di dalam bumi. Karena bumi adalah tubuh dari Gaia sendiri, aksi Uranus ini ujung-ujungnya menyakiti istrinya.

Kesal dengan hubungan ini, Gaia menciptakan sabit dan meminta anaknya untuk mengebiri Uranus. Yang bersedia melakukannya adalah Cronus, anak Gaia yang paling ambisius.

Upaya mengebiri Uranus ini pada akhirnya berhasil. Cronus kemudian menjadi penguasa baru, namun ia justru memenjara saudaranya para Hecatoncheires dan para Cyclopes.

Gaia dan Uranus kemudian sama-sama memprediksi kalau Cronus akan dijatuhkan oleh anaknya sendiri juga.

2

Mitologi Cronus

Cronus adalah yang termuda dari generasi pertama para Titan. Setelah mengkudeta Uranus, Cronus menjadi penguasa bersama adiknya, Rhea.

Mengetahui dari Cronus dan Gaia kalau dia akan dikudeta oleh anaknya, Cronus memakan semua anaknya.

Saat Zeus lahir, Rhea menipus Cronus sehingga yang dia makan adalah artefak batu. Zeus sendiri disembunyikan di Gunung Ida.

Saat besar, Zeus kemudian membebaskan lagi saudara-saudarinya yang sebelumnya disantap Cronus. (Demeter, Hestia, Hera, Hades, dan Poseidon). Setelah Perang Titanomachy, yang pernah dibahas Duniaku.net sebelumnya, Zeus pun benar-benar sukses menjatuhkan Cronus.


Kaitan hubungan mitologi Uranus dan Cronus dengan situasi di dunia One Piece ini menarik. Cek pembahasannya di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.