Masih Bingung? Ini 3 Perbedaan Horor dan Thriller

Terkadang mimin juga bingung apa bedanya, tapi kali ini jadi tidak bingung lagi.. :)

1530360000000

Ada yang hobi nonton film dengan genre dua jenis ini? Horor dan thriller mungkin sekilas terlihat memiliki ciri-ciri yang sama persis. Ternyata, jika kita lihat lebih detil lagi, horor dan thriller memiliki perbedaan tertentu.

Memang sedikit sulit untuk membedakan antara horor dan thriller. Biasanya hal ini dikarenakan sudah begitu banyak film, novel maupun komik yang memiliki dua genre ini dalam satu judul.

Nah di artikel ini, kita akan membahas perbedaan horor dan thriller. Perbedaan ini sangat umum dan bisa diperhatikan secara sekilas. Apa saja itu? Yuk langsung saja kita simak!

1

Horor Hanya Satu Antagonis

Masih Bingung? Ini 3 Perbedaan Horor dan Thriller

Antagonis di sini maksudnya adalah film, komik, novel dan sebagainya yang memiliki genre horor, cenderung hanya satu faktor saja yang ditakuti. Yang ditakuti adalah tokoh antagonis, bisa berbentuk hantu, alien dan lain sebagainya.

Berbeda dengan thriller, meskipun memang thriller juga ada yang memiliki satu antagonis, tapi antagonis tersebut tidak menjadikan faktor yang paling ditakuti.

Hal yang paling kentara adalah di setiap episode atau adegan, horor seringkali memunculkan antagonis sehingga membuat para penonton atau pembacanya terkejut takut.

Sedangkan untuk thriller, hal tersebut tidak menjadi tujuan utama bahkan terkadang antagonis tidak akan muncul sama sekali di setiap adegan atau episode.

2

Thriller Tidak Selalu Seram

Masih Bingung? Ini 3 Perbedaan Horor dan Thriller

Jika genre horor memang ingin menyajikan sesuatu yang menyeramkan, thriller tidak bertujuan untuk itu, melainkan keadaan yang menegangkan.

Thriller tidak selalu cerita yang menyeramkan bahkan cerita seperti detektif bisa menjadi thriller. Seperti namanya, tujuan thriller adalah memberikan suasana yang “thrill“, yang bisa memacu adrenalinmu ketika sedang menonton.

Jadi selalu ingat ya, genre thriller tidak selalu seram tetapi memberikan efek memacu adrenalin.

3

Horor Bertujuan Memberikanmu Mimpi Buruk, Thriller Tidak

Masih Bingung? Ini 3 Perbedaan Horor dan Thriller

Sumber: Youtube

Pada dasarnya film horor memang memiliki satu tujuan yang pasti, yaitu membuat para pemirsa ketakutan dalam bentuk apapun. Tidak peduli bagaimanapun ceritanya walaupun memang jalan cerita tetap menjadi elemen penting.

Sedangkan thriller tidak memiliki tujuan tersebut. Horor tanpa ada satu cerita, mungkin masih bisa tetap bisa diterima tujuan yang ingin disampaikan.

Sedangkan thriller cenderung harus menyampaikan cerita secara lengkap untuk bisa diterima oleh para pemirsa, apa tujuan yang ingin disampaikan.

Nah itu dia perbedaan antara horor dan thriller. Meskipun keduanya berbeda, tidak lepas kemungkinan kedua genre tersebut, terdapat pada satu cerita.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi bit.ly/GamePrime18DN untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung