Awas, Alih-Alih Beli GT 1030 GDDR5 Dapetnya DDR4!

Awas salah beli! Maunya GT 1030 GDDR5 eh dapetnya DDR4! Mana performanya anjlok pula!

1531530039000

Berpikiran untuk membeli kartu grafis entry-level dengan harapan untuk memainkan game masa kini? Awas, bukannya membeli GT 1030 GDDR5, kalian bisa saja terjebak oleh Nvidia yang memasukkan varian DDR4 dari GT 1030!

Nvidia memang terkenal sebagai manufaktur yang memberikan berbagai macam lini kartu grafis, dari lini GT dengan harga yang terjangkau hingga lini GTX untuk para gamer, Nvidia selalu menghadirkan berbagai macam produk unggulan mereka untuk konsumen.

Terkadang, Nvidia kerap melakukan sejumlah kesalahan serta kontroversi, dimulai dari GTX 970 dengan VRAM yang terkesan janggal hingga Nvidia Partnership yang memberatkan baik pihak manufaktur dan konsumen. Permasalahan ini berlanjut menuju kasus terbaru yang hangat dibicarakan saat ini.


CONTINUE READING BELOW

Seperti yang Diperkirakan, Ini Bocoran Wujud Samsung Galaxy Note 9!

Kita telah mengetahui dari bulan Mei lalu berbagai isu-isu mengenai Samsung Galaxy Note 9. Setelah berbagai isu tersebut beredar, kali ini muncul juga mengenai bocoran wujud Samsung Galaxy Note 9.


Berita tidak enak ini datang dari salah satu kartu grafis murah yang sangat populer dikalangan budget PC, GT 1030. Jika sebelumnya kita hanya menemukan GT 1030 GDDR5, calon pembeli harus lebih ekstra hati-hati karena Nvidia mulai memasok GT 1030 DDR4!

Seperti yang kita ketahui, GT 1030 merupakan kartu grafis GDDR5 termurah dengan performa yang hampir setara dengan GTX 750Ti. Dengan harga yang terjangkau pula, ini merupakan penawaran yang sangat menarik. Namun, apakah penawaran tersebut masih menarik apabila kalian secara tidak sengaja mendapatkan varian DDR4?

Perbedaan dari varian GDDR5 dengan DDR4 sangat terlihat jelas, terutama pada performa gaming yang ditampilkan. Varian DDR4 dilaporkan hanya bisa mendapatkan hasil setengah atau bahkan lebih rendah dari varian GDDR5, ini tentu saja sangat mengkhawatirkan.

gt 1030 gddr5 - RL benchmark

Salah satu hasil benchmark untuk Rocket League, Sumber: GamersNexus.

Untuk perbandingan lebih jelasnya, Battlefield 1 dengan pengaturan low sekiranya akan mendapatkan hasil rata-rata 61fps untuk versi GDDR5, dan DDR4 hanya akan mendapatkan 28fps rata-rata. Hasil lain tercatat pada Fortnite pengaturan medium dengan hasil 66fps untuk GDDR5 dan 38fps untuk DDR4.

gt 1030 gddr5 - spesifikasi

Sumber: Forbes.

Lalu, bagaimana cara agar para konsumen tidak tertipu? Mudah saja, untuk setiap boks penjualan, pihak manufaktur akan selalu memasangkan spesifikasi untuk kartu grafis yang mereka rakit. Hal ini tentu akan lebih sulit untuk para penjual online nakal, namun beberapa situs jual-beli ternama memiliki fitur refund yang sebaiknya kalian manfaatkan.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi bit.ly/bgp2018 untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.