Kecepatan Internet Singapura Masih Tercepat di Dunia, Indonesia?

Internet cepet buat apa? Ya seenggaknya buat dipamerin ke dunia, bahwa internet kita paling cepet..

1531627200000

Siapa negara pemiliki kecepatan internet tercepat sedunia? Mungkin ada yang menjawab negara Amerika Serikat, Jepang atau Korea. Ternyata negara yang memiliki internet tercepat, masih dipegang pada internet Singapura.

Yup, internet Singapura masih didaulat menjadi negara dengan internet tercepat di dunia. Hal ini merujuk dari data yang dihimpun Cable. Yaitu sebuah situs pembanding layanan dan kualitas broadband, ponsel hingga TV kabel.

Dalam membuat urutan negara dengan kecepatan internet tercepat, Cable mengumpulkan data dari 200 negara di seluruh dunia. Dari hasil pengumpulan tersebut, Singapura menjadi negara paling cepat.

Singapura sendiri memiliki kecepatan unduhan rata-rata 60,39 Mbps. Yang artinya, jika kamu mengunduh film HD berukuran 5GB di Singapura, maka kamu hanya memakan waktu selama 11 menit.

Lalu, urutan kedua ditempati oleh negara Swedia, setelah itu diikuti juga oleh Denmark, Norwegia, dan Romania yang menjadi negara lima besar dengan internet yang cepat.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara tercinta kita ini, ternyata masih urutan 50 ke bawah, meskipun begitu kita masih bisa masuk dalam urutan 100 tercepat di dunia.

Indonesia masuk dalam posisi ke 83 sedunia dengan kecepatan unduhan rata-rata 5,77 Mbps. Yang artinya, jika kamu ingin mengunduh film HD berukuran 5GB, kamu membutuhkan waktu selama 2 jam.

Kecepatan Internet Singapura Masih Tercepat di Dunia, Indonesia?

Sumber: Mobile News Online

Sayangnya, dengan kecepatan internet seperti itu, kita masih kalah dengan negara tetangga yang justru memiliki kecepatan internet lebih cepat. Seperti Malaysia dan Vietnam yang menduduki peringkat ke 48 dan 78.

Malaysia sendiri memiliki kecepatan internet rata-rata 13,30 Mbps, sedangkan Vietnam memiliki kecepatan internet sebesar 6,72 Mbps.

Apakah Indonesia masih memiliki potensi untuk meningkat kecepatan internetnya? Tentu saja! Kementrian Telekomunikasi dan Informatika, memiliki rencana untuk membangun infrastruktur kembali.


CONTINUE READING BELOW

5 Istilah di Internet yang Sering Menjadi Salah Paham

Pernah salah paham terhadap beberapa istilah di internet? Istilah-istilah ini memang bukan istilah yang tertulis secara resmi di berbagai kamus atau buku manapun. Melainkan hanya istilah yang hadir karena memang banyak digunakan oleh pengguna internet atau biasa disebut istilah populer.


Pembangunan ini adalah penambahan kabel serat optik di bawah laut yang disebut dengan Palapa Ring. Terdapat tiga paket Palapa Ring, yaitu paket barat, paket tengah dan paket timur.

Selama ini, paket barat Palapa Ring sudah berjalan dengan baik, sedangkan untuk paket tengah dan paket timur, dikabarkan akan selesai bulan September nanti tahun ini.

Ya semoga saja Indonesia akan semakin baik, dengan memiliki kecepatan internet yang baik. Sehingga tidak akan muncul pernyataan “Internet cepat, buat apa?”

Sumber: Detik

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung