Cari Tahu Strategi Marketing Game Independen Dari BEKRAF Game Prime 2018!

Game Indie, semangat Indie dong!

1531717210000

Dalam B2B BEKRAF Game Prime 2018, sesi keenam dari panel yang dipimpin oleh Justin Ng dari Gattai Games memberi pencerahan lebih dalam di bidang memasarkan karya-karya game indie!

Lebih dari sekadar melihat iven sebagai satu-satunya media marketing, ada banyak cara dan media dalam memasarkan sebuah produk game indie. Dengan menjadi kreatif, berani, dan tentu saja nekat, sebenarnya peluang untuk memasarkan sebuah proyek game, terutama secara independen memiliki opsi yang tidak terbatas jumlahnya!

Contoh-contoh yang dijabarkan juga termasuk dari upaya branding melalui kaus dan pin! Bahkan, memanfaatkan networking yang telah kamu jalin dari berbagai macam pertemuan juga seharusnya dianggap sebagai wujud pemasaran!

Dalam hal ini poin beliau sudah jelas, partnership adalah bagian paling penting dari memasarkan karyamu, apalagi dengan para raksasa-raksasa industri! Lewat mendapatkan fitur dari raksasa-raksasa besar ini, tentunya hal tersebut akan memperbesar ekspos akan karya ciptaanmu!

Perusahaan-perusahaan besar tentunya tidak segan-segan untuk meminjamkan developers’ kit atau bahkan memajangkan judul karyamu di dalam platform hebat mereka kalau proyek kebanggaanmu sekeren itu untuk disebarluaskan!

Tentu saja, hal ini sudah pasti melibatkan para aspiring game developer untuk menjalin hubungan lebih luas dengan berbagai koneksi-koneksi potensial, karena hal ini sangat berkaitan dengan pemasaran sebuah karya ke khalayak yang lebih luas!

Juga jelas Justin, media sosial  juga penting dan berperan cukup besar dalam memasarkan game independen. Dengan anjuran untuk lebih kreatif dan berani, ada banyak hal yang bisa menjadi bahan eksperimen untuk menarik perhatian publik atas produk video game yang dikerjakan secara independen.

Apakah kamu punya pertanyaan-pertanyaan seputar dunia video game developer? Bagikan opinimu melalui kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.