Tahukah Kamu, Bahwa 17 Juli Jadi Hari Emoji Dunia?

oke, jadi kita bikin selametan di hari emoji dunia ini?

1531998002000

Siapa yang tidak tahu apa itu emoji di zaman sekarang? Emoji sudah menjadi fitur wajib di setiap aplikasi chatting. Tahukah kamu, bahwa 17 Juli jadi hari emoji dunia ?


CONTINUE READING BELOW

Penuh dengan Kenangan, Yahoo Messenger Akan Tutup!

Sekitar awal tahun 2000-an, Yahoo Messenger, salah satu aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Yahoo! sangat digemari oleh para remaja. Sayangnya mulai bulan Juli nanti Yahoo Messenger akan tutup secara resmi.


Dengan adanya fitur ini, menjadikan kita bisa menambahkan sebuah keterangan mengenai emosi kita saat “mengobrol”. Ada emoji yang menunjukkan rasa gembira, ada rasa sedih hingga rasa marah.

Secara sejarah, hari emoji dunia ini diawali pada tahun 2002. Tahun di mana Apple meluncurkan aplikasi kalendar iCal, yang dalam aplikasi tersebut ditandai tanggal 17 Juli sebagai hari emoji dunia.

Meskipun begitu, ternyata Google justru menempatkan hari emoji dunia pada tanggal 12 Juli dan Twitter justru menandai pada tanggal 15 Juli. Kendati demikian, tanggal 17 Juli tetap menjadi hari emoji yang paling banyak dirayakan.

Emoji sendiri pertama kali muncul pada tahun 1998, yang diciptakan oleh seorang desainer dari Jepang yang bernama Shigetaka Kurita.

Shigetaka yang sedang bekerja di sebuah platform mobile kala itu, terinspirasi dari simbol-simbol ramalan cuaca yang terlihat simpel dan unik, tapi cukup mewakili arti dari sebuah informasi mengenai cuaca.

Nama emoji sendiri berasal dari bahasa Jepang. “E” yang berarti gambar, serta “moji” yang berarti karakter. Jika disatukan maka memiliki arti gambar yang menunjukkan karakter.

Tahukah Kamu, Bahwa 17 Juli Jadi Hari Emoji Dunia?

Sumber: Lou Music WordPress

Terkadang orang awam suka tertukar, antara istilah emoji dan emoticon. Keduanya, pada dasarnya sangatlah beda. Emoji memiliki bentuk berupa gambar yang sering sekali kita gunakan di aplikasi chat pada umumnya.

Sedangkan emoticon, bukanlah berbentuk gambar. Melainkan berbagai karakter atau huruf yang disatukan dan menjadi bentuk sebuah ekspresi wajah.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung