Kena Ketok Palu, 7 Keputusan Legal yang Mengubah Sejarah Game

Keputusan ini menghadirkan konsekuensi menarik!

1531990800000

Industri game merupakan sebuah industri yang sangat cepat mengalami perubahan. Dulu, industri game hanyalah industri yang tidak banyak dipandang orang, jangankan menggunakan kekuatan aktor atau aktris ternama, dunia game zaman dulu hanya diperuntukkan untuk anak-anak semata.

Tapi sekarang, ketika perkembangan teknologi jauh lebih modern, industri game berubah menjadi industri yang sangat menjanjikan. Bahkan persaingan tak hanya pada perusahaan yang sudah mapan, melainkan pada perusahaan pengembang game indie juga.


CONTINUE READING BELOW

Generasi Baru Huawei Seri Nova Segera Hadir di Indonesia pada Akhir Juli

Setelah menggebrak Indonesia dengan kehadiran smartphone flagship P20 Pro yang revolusioner, Huawei kini siap menghadirkan kembali smartphone terbarunya pada akhir bulan ini, yaitu generasi terbaru seri Nova. Smartphone ini akan diluncurkan secara resmi pada 31 Juli 2018 mendatang.


Tentunya tak mudah untuk mengubah industri game ke arah seperti sekarang. Dibutuhkan banyak keputusan untuk mengubah banyak hal di dunia game. Duniaku.net kali ini sangat tertarik untuk membahas mengenai keputusan legal yang mengubah sejarah game.

Keputusan legal tersebut dipercaya membuat sistem di dalam game terus bergerak dan terus diperbaharui sehingga kita mengenal dunia game seperti saat ini. Mungkin tanpa basa-basi yang terlalu banyak, langsung saja kita bahas mengenai tujuh keputusan legal yang mengubah sejarah game!

1

Perseteruan Mengenai Controller PS dan Xbox

Salah satu masalah yang cukup rumit pernah terjadi di tahun 2002. Kala itu baik Sony maupun Microsoft harus berurusan dengan yang namanya Hak Paten. Ya, dua perusahaan raksasa itu diklaim telah mencuri hak paten mengenai controller dari perusahaan bernama Immersion.

Kasus ini pertama kali diajukan pada tahun 1998 dan setelah adanya pengajuan itu, Microsoft pada akhirnya berdamai dengan membeli beberapa persen saham di Immersion. Sedangkan Sony masih berusaha untuk melawan di pengadilan.


CONTINUE READING BELOW

7 Film dengan Plot Twist Kepagian, Bikin Bingung Apa Bikin Marah?

Plot twist memang bisa menjadi bumbu ampuh untuk membuat sebuah film terlihat keren. Biasanya bagian ini di taruh di akhir agar membuat klimaks yang seru. Tapi sayangnya ada film dengan plot twist kepagian. Tak tahu apa motivnya, tapi yang jelas hal itu bisa menjadi sebuah kejanggalan.


Selama proses, Sony diklaim kehilangan sekitar 90 juta US Dolar. Terkait hal ini penjualan dualshock kala itu harus ditangguhkan terlebih dahulu. Tapi pada akhirnya, Sony menyerah dan mau berdamai dengan Immersion.

Sony harus mengeluarkan uang sebesar 97,2 juta US Dolar untuk mengurusi soal hak paten itu. Dualsshock 3 pada akhirnya meluncur tanpa masalah karena kasus ini telah usai.

2

Loading Screen

Beta Gundam Versus

Sumber: Dualshockers

Dulu, kalian yang pernah main Ridge Racer pasti merasakan bahwa ketika loading sedang berlangsung, kalian bisa menghadapi berbagai macam musuh sambil menunggu game bisa dimainkan kembali.

Tapi ide tersebut pada akhirnya tidak pernah dirasakan atau diaplikasikan oleh game lainnya. Ada alasan mengapa kita tidak bisa bermain tetris, snake, atau game apapun di dalam layar loading. Alasannya adalah karena Namco mengajukan hak paten atas loading screen tersebut di tahun 1995!

Artinya, memainkan game apapun di dalam loading screen adalah hak paten milik Namco. Memasukkan game beresolusi rendah pun kalian harus membayar hak paten! Tapi ternyata, hak paten ini berakhir di tahun 2015 sehingga kita bisa lebih leluasa dalam mengutak atik loading screen.

Ada apalagi ya keputusan legal yang mengubah sejarah game? Langsung kita ke halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!