5 Ciri Khas yang Jadi Pembeda antara Komik Amerika dan Jepang

yang keliatan banget itu nomor 4

1532059200000

Jika kamu membaca komik, mungkin kamu akan sering mendapatkan berbagai ciri khas yang jadi pembeda antara komik Amerika dan Jepang.

Dengan ciri khas tersebut, kita bisa mengetahui dan belajar, mengenai makna dan nilai yang ingin disampaikan dari budaya barat maupun budaya timur, baik di komik Amerika dan Jepang.

Di masa sekarang, mungkin hal tersebut sudah tidak begitu berarti. Salah satu faktor yang membuatnya membaur adalah adanya efek globalisasi, yang menjadikan mudah terjadinya pertukaran informasi, maupun budaya.

Meskipun begitu, kita perlu tahu, apa saja ciri khas dari setiap komik baik Amerika yang memang memiliki ciri khas nilai barat, serta komik Jepang yang memiliki ciri khas nilai timur. Ya sudah langsung saja cekidot!

1

Mata Proposional vs Mata Besar

5 Ciri Khas yang Jadi Pembeda Antara Komik Amerika dan Jepang

Sumber: Animation Review

Jika kamu perhatikan, komik Amerika cenderung memiliki gambar karakter dengan mata yang proposional, atau memang sesuai dengan ukuran mata manusia pada umumnya.

Berbeda dengan komik Jepang yang cenderung memiliki mata besar dalam penggambarannya, kamu bisa melihat contoh pada komik Jepang berjenis shoujo (komik Jepang yang diperuntukkan kaum hawa).

2

Baca Kiri ke Kanan vs Baca Kanan ke Kiri

5 Ciri Khas yang Jadi Pembeda Antara Komik Amerika dan Jepang

Indonesia mungkin termasuk negara yang terpengaruh dari komik Amerika terlebih dahulu. Sebab komik yang diterbitkan di Indonesia, pada umumnya memiliki cara baca dari kiri ke kanan.

Bahkan komik Jepang yang seharusnya dibaca dari kanan ke kiri, oleh penerbit di Indonesia dijadikan membacanya dari kiri ke kanan.

Intinya adalah komik Amerika memiliki kecenderungan membaca dari kiri ke kanan, sedangkan untuk komik Jepang kecenderungan cara membaca dari kanan ke kiri.

Apalagi perbedaan antara komik Amerika dan komik Jepang? Simak di halaman berikutnya!

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung