Haruskah Zoro Mengembalikan Shusui ke Negeri Wano?

Di satu sisi, Shusui memang adalah pusaka Wano yang dulu dicuri. Di sisi lain, Zoro memperoleh pedang itu dari Zombi Ryuma sebagai wujud respek. Haruskah Zoro mengembalikan Shusui?

1532152831000

Shusui adalah pedang ketiga Zoro saat ini, menggantikan Yubashiri yang dirusak oleh Kapten Shu di Enies Lobby.

Sejak memperolehnya, Zoro sejauh ini sudah beberapa kali bermasalah dengan penduduk Wano.

Paling pertama adalah saat Zoro bertemu dengan Kin’emon. Kin’emon yang mengetahui itu pedang apa langsung mencoba menantang Zoro agar Shusui bisa dikembalikan ke Wano di bab 699. Padahal itu terjadi setelah Kin’emon dan Zoro sama-sama melewati Punk Hazard.

Setelah itu, di Wano tuduhan pencurian Shusui juga ditambahkan untuk membebani Zoro setelah dia ditangkap karena difitnah sebagai pembunuh.

Penulis merasa karena Zoro berada di Wano, masalah yang ditimbulkan Shusui masih akan berlanjut. Mungkin dalam waktu dekat akan ada musuh Zoro yang melawannya untuk mencoba merebut Shusui.

Masalahnya, haruskah Zoro mengembalikan Shusui? Terutama karena Luffy menemukan pedang Nidai Kitetsu, yang berada di tingkatan yang sama dengan Shusui. (21 O Wazamono).

Wujud Respek dari Ryuma

Zoro rasanya tidak akan begitu saja menyerahkan Shusui ke siapa pun, meski yang mencoba menantangnya memiliki motivasi baik.

Alasannya adalah karena pedang itu diserahkan oleh Ryuma setelah duel epik. Bila Zoro menyerahkannya begitu saja, maka ia mungkin akan merasa dirinya tidak menghormati Ryuma.

Namun di sisi lain, Zoro mungkin tidak bisa menjelaskan detail kenapa Ryuma sampai menyerahkan pedang itu kepadanya.

Ingat, setelah Ryuma terbakar, Zoro memberi komentar kalau ia menganggap pertarungan itu tidak pernah terjadi, untuk menghormati bayangan Brook yang merasa malu karena telah membiarkan jasad Ryuma kalah.


CONTINUE READING BELOW

Kalau Eiichiro Oda Puas Ending One Piece, Tidak Ada Seri Lanjutan!

Ternyata kalau Eiichiro Oda puas ending One Piece, tidak akan ada One Piece: Next Generations! Gimana nih pendapat kamu?


Dulu sih komentar Zoro itu terasa sebagai wujud keren-kerenan sifat kesatria Zoro saja. Namun sekarang… penulis merasa itu bisa jadi potensi konflik. Bila Zoro menolak untuk menjelaskan rinci kenapa Zombi Ryuma menyerahkan Shusui, maka mereka yang memburunya pun akan terus mengejarnya.

Namun, memang harus diakui kalau yang menyerahkan Shusui itu bukan Ryuma sendiri. Seperti sudah penulis di atas, yang menyerahkan pedang itu adalah bayangan Brook yang lama bersemayam di jasad Ryuma.

Penulis merasa nantinya Zoro akan harus membuktikan dirinya layak atau tidak untuk terus menggunakan Shusui menghadapi seorang ahli pedang tangguh. Mungkin keturunan Ryuma, yang akan menilai Zoro.


Lanjutan pembahasan haruskah Zoro mengembalikan Shusui dapat kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.