Eiichiro Oda: Manga One Piece Sudah 80 Persen Selesai!

Tidak mengherankan konflik One Piece di manga terasa semakin epik. Eiichiro Oda menyampaikan dalam wawancara kalau manga-nya sudah 80% selesai!

1532253659000

Di tahun 2010 lalu, Eiichiro Oda mengatakan kalau One Piece sudah 50 persen selesai.

Di tahun 2012, ada perkembangan dari 50 menjadi 60 persen.

Perkembangan dari tahun 2012 ke 2016 cukup lambat, yakni hanya jadi 65 persen.

Nah, dari 2016 ke 2018 (Whole Cake Island ke Reverie ke Wano), sepertinya Eiichiro Oda sudah mulai ngebut. Sekarang Oda mengatakan manga One Piece sudah 80 persen selesai!

Sejak Luffy mendarat di Zou, petualangannya memang sudah terasa mendekati akhir.

Cara untuk mencapai Raftel misalnya, sudah diketahui. (Mengumpulkan informasi dari tiga Road Poneglyph). Sebagian besar Shichibukai antagonis juga sudah rontok sejak di Dressrosa, menyisakan para sosok terkuat di New World: para Yonko, termasuk Shanks dan Marshall D. Teach.


CONTINUE READING BELOW

Prediksi: Akan Seperti Inikah Alur Akhir Perjalanan Luffy?

Perjalanan Luffy mungkin sudah mulai memasuki akhir. Inilah prediksi penulis bagaimana cerita alur akhir perjalanan Luffy dari sekarang sampai penutup!


Selain itu, Pasukan Revolusioner dan bahkan sosok misterius yang telah mengendalikan dunia One Piece dari balik bayangan pun sudah mulai bergerak.

Sebelumnya, penulis sudah mencoba memprediksi alur akhir One Piece. Penulis merasa kalau alur Wano akan menjadi awal dari akhir. Perang yang tercipta akan begitu besar, hingga di akhir pertempuran, pihak-pihak yang tersisa adalah kandidat terakhir untuk menjadi raja bajak laut.

Kalau One Piece sudah 80 persen selesai, apakah ini berarti kita harus berpisah dengan Luffy dalam waktu dekat?

Rasanya sih tidak. Seperti sudah penulis sampaikan di atas, dari tahun 2012 ke 2016 cerita One Piece hanya berjalan lima persen saja dari rencana Oda.

Alur Wano ini setidaknya akan berjalan dua tahun, bahkan mungkin melebihi Dressrosa. Jadi Luffy masih akan beraksi di halaman majalah Shonen Jump untuk beberapa tahun ke depan.

Mungkin dua puluh persen akhir One Piece ini baru akan selesai diceritakan sekitar 2025 nanti.


Gimana pendapat kamu soal manga One Piece sudah 80 persen selesai? Kapan ya One Piece akan tamat? Sampaikan di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.