Ini Keunikan Hubungan Tokoh Shazam dengan Nama Captain Marvel!

Sebelum namanya resmi diganti jadi Shazam, salah satu superhero terkuat DC ini bernama Captain Marvel. Bahkan si Shazam ini sudah memiliki nama Captain Marvel sejak tahun 1940!

1532228438000

Sebelum Thanos kembali, penggemar film superhero sebenarnya akan disuguhi dua film Captain Marvel.

Yang pertama adalah Carol Danvers, harapan semesta Marvel untuk menghadapi Thanos.

Yang kedua… sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan Marvel Comics. Dia adalah Shazam, yang sebelumnya memegang nama Captain Marvel juga.

Adakah di antara kamu yang bingung kenapa tokoh DC Comics memiliki nama Captain Marvel? Inilah sejarah singkatnya.


CONTINUE READING BELOW

Trailer Shazam: Salah Satu Superhero Terkuat DC Akhirnya Hadir!

Dari segi kekuatan, Shazam bisa dibilang menyaingi Superman. Namun yang memiliki kekuatan itu adalah seorang anak. Simak kisah Shazam lewat trailer Shazam yang baru saja rilis ini!


Sudah Dipanggil Captain Marvel Sejak 1940

Lihat baik-baik sampul komik di atas.

Yep, Shazam pertama kali debut Februari 1940 di majalah Whiz Comics dengan nama Captain Marvel.

Billy Batson memang berubah dengan menyerukan nama Shazam, namun itu bukan nama superhero-nya. Shazam sendiri adalah nama dari sang penyihir yang memberkatinya kekuatan.

Tentu saja, nama Captain Marvel ini pun sebenarnya tidak ada hubungannya dengan Marvel Comics. Saat Captain Marvel rilis, perusahaan yang nantinya jadi Marvel Comics masih bernama Timely Publications.

Awalnya nama Shazam adalah Captain Thunder. Namun ternyata nama itu tidak bisa diregistrasi hak cipta.

Pete Costanza dari Fawcett Publications, penerbit Whiz Comics, lalu mengusulkan Captain Marvelous. Captain Marvelous lalu disingkat lagi menjadi Captain Marvel, dan nama ini bertahan bahkan setelah Marvel Comics menciptakan Captain Marvel sendiri.

Terus Gimana dengan Captain Marvel dari Marvel Comics?

Jadi… nama Captain Marvel ternyata sudah dipegang oleh Shazam duluan.

Terus kok bisa Marvel Comics bikin pahlawan dengan nama sama?

Marvel Comics memanfaatkan momentum dari tuntutan hukum yang mendera Fawcett Comics. Jadi, Detective Comics (kemudian dikenal sebagai DC Comics) menuntut Fawcett karena Captain Marvel Fawcett dinilai mirip Superman.

Setelah jalur hukum yang ruwet, dan berhubung penjualan Captain Marvel juga menurun, Fawcett pun menyetujui untuk tidak lagi mempublikasikan Captain Marvel.

Nah, karena Fawcett juga tidak lagi mempublikasikan Captain Marvel, maka Marvel Comics pun ujung-ujungnya bisa merilis tokoh dengan nama sama namun dengan desain dan kemampuan yang berbeda.

Fawcett tidak lagi mempublikasikan tokoh ini sejak kira-kira 1954.


Lanjutan keunikan hubungan tokoh Shazam dengan nama Captain Marvel dapat kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.