Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Attack on Titan Season 3

Attack on Titan Season 3 akhirnya dirilis tadi pagi. Banyak orang menilai cerita musim ini akan menguji iman penonton kasual yang belum membaca manganya. Apa maksudnya?

1532332810000

Anime yang paling ditunggu-tunggu musim panas ini akhirnya siap untuk disajikan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu sebelum nonton Attack on Titan Season 3.

Artikel ini ditujukan untuk kamu yang sudah menonton Attack on Titan Season 1 dan Season 2.

Bagi penonton kasual alias hanya menonton animenya saja, artikel ini akan membahas sejauh mana ekspektasi yang bisa kamu berikan agar bisa menikmati Season 3 ini. Mudah-mudahan, kamu tidak kecewa.

Pasalnya, jalan cerita yang akan diambil musim ini akan jauh berbeda dengan dua musim sebelumnya.

Sementara bagi kamu yang belum nonton Season 1 dan 2, artikel ini akan dipenuhi oleh spoiler.

Berikut ini hal-hal yang kamu perlu ketahui sebelum nonton Attack on Titan Season 3:

1

Trailer, Tanggal Rilis, dan Poster

Attack on Titan Season 1 dirilis pertama kali pada tahun 2013 lalu. Peluncurannya langsung memompa hype yang begitu besar di lanskap pop culture dunia sehingga memicu banyak sekali cosplay berbusana Survey Corps.

Namun, jeda antara Season 1 dan Season 2 yang rilis tahun 2017 lalu ternyata kelewat panjang sehingga hype-nya terlanjur dingin. Jeda itu sebenarnya bukan tanpa alasan, karena Wit Studio dan Production I.G. tampaknya menunggu materi dari manga.

Mereka tampaknya belajar untuk tidak melakukan hal yang sama seperti kejadian di Season 1 dan 2. Kali ini, Attack on Titan Season 3 bahkan sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu dan akan rilis 22 Juli waktu Pasifik.

Artinya, ia akan mulai dapat diakses di Indonesia lewat layanan Crunchyroll, Funimation, dan Hulu pada Senin, 23 Juli hari ini mulai pukul 01.00 WIB.

Berikut ini adalah trailer dan poster-posternya.

2

Tak Ada Lagi Linked Horizon

Kamu belum nonton Attack on Titan jika tidak ingat lagu pembuka Guren no Yumiya oleh Linked Horizon. Lagu yang mewah dan epik seolah lagu perang itu sudah sangat ikonik dan melekat kuat dalam imaji penonton akan anime ini.

Namun kali ini, tidak ada Linked Horizon. Lagu pembuka Attack on Titan Season 3 akan diisi oleh Yoshiki “X Japan” dan Hyde “L’Arc~en~Ciel” yang membawakan lagu berjudul Red Swan.

Menariknya, lagu ini sungguh tidak mirip dengan lagu-lagu pembuka Attack on Titan sebelumnya yang khas. Ia justru lebih sedih, sendu, dan melankolis. Kalau tidak ingat konteks, barangkali lagu ini akan dikira lagu penutup.

Namun kalian jangan salah sebab dua orang di atas bukan orang sembarangan. Yoshiki adalah orang di balik grup band heavy metal X Japan, band legendaris Jepang yang berpengaruh di dekade 80 dan 90-an. Sementara Hyde vokalis L’Arc~en~Ciel sebaiknya tak usah dipertanyakan lagi.

Lagu pembuka ini adalah kombinasi dari ballads khas X Japan dengan karakter vokal Hyde yang tidak ada duanya. Dengarkan lagunya di bawah ini. Bagaimana menurutmu?

Halaman berikutnya akan menyegarkan ingatanmu tentang musim-musim sebelumnya dan apa saja yang bisa kamu harapkan dari Season 3. Sebelum nonton Attack on Titan Season 3, baca selengkapnya di sebelah!

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.