Harusnya Gohan Diberi Kesempatan Melawan Broly di Dragon Ball Super: Broly!

Hmm, kudunya nih, Gohan minimal diberi kesempatan melawan Broly di Dragon Ball Super: Broly. Kalah gak apa. Ini alasannya!

1533621631000

Sejauh ini, kalau dari materi promo dan trailer, ada tiga petarung yang tampaknya akan disorot melawan Broly.

Pertama sudah tentu adalah Goku, kedua adalah Vegeta, dan ketiga adalah Frieza. Mereka ini juga adalah tiga andalan Universe 7 di Tournament of Power.

Namun kalau dipikir-pikir, mungkin seharusnya Gohan juga diberi kesempatan melawan Broly di Dragon Ball Super: Broly. Bukan karena penulis penggemar Gohan bukan, melainkan karena duo ini sebenernya punya sejarah sendiri pada kontinuitas lama.

Sejarah Gohan dengan Broly

Gohan sudah terlibat melawan Broly sejak Dragon Ball Z: Broly. Di sana, dia termasuk yang bertarung di planet New Vegeta bersama Goku, Vegeta, Piccolo, dan Future Trunks.

Pada akhirnya, Gohan memang tidak bisa membantu melawan Broly. Namun ia bisa menyumbangkan tenaga untuk membantu ayahnya menuntaskan sementara sang Legendary Super Saiyan.

Di Broly – Second Coming, Gohan justru mengambil posisi utama melawan Broly berhubung saat itu Goku masih mati. (Alur ceritanya setelah Cell Saga, namun sebelum Buu Saga).

Pada akhirnya, Gohan memang tidak bisa mengalahkan Broly sendirian. Ia masih butuh bantuan dari arwah Goku dan Goten untuk Kamehameha Keluarga terakhir.

Namun tetap saja, dia yang paling memberi perlawanan kepada Broly.

Patut diingat kalau saat melawan Broly di Second Coming ini juga Gohan tidak dibantu oleh Piccolo dan Vegeta, yang ada bersamanya hanya Trunks kecil, Goten kecil, dan Videl. Jadi sejak awal situasinya pun sudah sulit.


CONTINUE READING BELOW

Broly Akan Jadi Musuh Terkuat Goku di Dragon Ball Super?!

Broly tampaknya akan jadi musuh terkuat Goku di Dragon Ball Super. Editorial Saikyo Jump sampai ngomong, "Yang yakin Goku akan menang bisa kehilangan kepercayaan diri." Wah, wah, apakah ini pertanda Goku sampai harus fusion dengan Vegeta lagi?


Gohan Belum Diperlihatkan Mendobrak Batasnya 

Penulis merasa pembaca Duniaku.net rasanya sudah tahu penampilan Gohan di Dragon Ball Super versi anime kurang memuaskan.

Walau sudah ditunjuk sebagai kapten Universe 7, Gohan tidak banyak memimpin di turnamennya sendiri.

Selain itu, lawan Gohan juga tidak mendapat kesempatan duel satu lawan satu melawan musuh seperti Jiren dan Kefla (meski dia sempat duet untuk melawan Toppo).

Setidaknya di versi manga, Gohan tampaknya akan berduel dengan Kefla.

Padahal Gohan versi Super tampaknya sedang di ambang untuk menemukan identitasnya sendiri.

Ia sampai tidak menggunakan Super Saiyan sama sekali, mengandalkan wujud Mystic-nya untuk bertahan hingga akhir. Meski begitu, sampai tereliminasi ia tidak pernah mendobrak batas kekuatannya, seperti yang sudah dilakukan oleh Goku dan Vegeta.

Karenanya, penulis sebenarnya berharap di Dragon Ball Super: Broly, Gohan minimal diberi kesempatan menguji kekuatannya melawan Broly.

Akankah dia menang? Mengingat katanya kekuatan Broly sudah mencapai level Dewa Kehancuran, dia mungkin tidak punya harapan.

Namun melihat Gohan bertarung serius melawan Broly, yang di dimensi lain pernah ia dorong ke matahari bersama Goku dan Goten, seharusnya akan menarik.


Itu alasan penulis ingin melihat Gohan melawan Broly.

Setujukah kamu? Atau sekarang Gohan tidak punya kesempatan sama sekali untuk melawan Broly? Sampaikan di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.