Kabar Duka, Momoko Sakura Mangaka Chibi Maruko Chan Telah Berpulang

Maruko-chan…

1535459417000

Kabar duka menyelimuti dunia animanga. Momoko Sakura, pencipta Chibi Maruko-chan, telah meninggal dunia pada 15 Agustus 2018 lalu di usia 53 tahun.

Momo Sakura merupakan nama pena dari Miki Miura. Ia lahir pada 8 Mei 1965 di Shimizu-ku, Shizuoka, Jepang.

Ia adalah seorang seniman mangaka dari Shimizu, Prefektur Shizuoka. Dia adalah pencipta manga panjang Chibi Maruko-chan (diterbitkan di Ribon 1986-1996). Kisah Chibi Maruko-Chan sendiri berdasarkan masa kecilnya sendiri.

Karyanya yang terkenal adalah Chibi Maruko-chan. Ini adalah serial anime yang diangkat dari manga populer yang dikarang Momoko Sakura, dan juga nama panggilan untuk tokoh utama berupa anak perempuan berusia 9 tahun kelas 3 sekolah dasar. Kisahnya bertemakan komedi kehidupan sehari-hari anak SD berdasarkan pengalaman masa kecil pengarangnya.

Chibi Maruko-chan juga dijadikan serial drama dengan pemeran cilik Ei Morisako (generasi pertama) dan Ayaka Itoh (generasi kedua). Serial anime ini pernah ditayangkan di RCTI, RTV dan Spacetoon.
Manga Chibi Maruko-chan memulai debut pada tahun 1986 dan menjadi salah satu anime Jepang yang paling dicintai.

Serial anime Chibi Maruko-chan pertama berlangsung dari tahun 1990 hingga 1992. Serial kedua pertama kali ditayangkan pada tahun 1995 dan berlanjut sampai hari ini. Chibi Maruko-chan adalah salah satu karakter paling terkenal di Jepang, dan anime ini ditonton oleh orang tua maupun muda. Manga asli, yang berlangsung dari Agustus 1986 hingga Juni 1996, didasarkan pada masa kecil Sakura.

Sakura membuat debut pencipta manga profesionalnya pada tahun 1984, dan dia membuat serial manga Chibi Maruko-chan di majalah Ribon. Karya lainnya adalah seri fantasi yang lebih nyata Coji-Coji, yang berlangsung dari 1997 hingga 1999. Dia juga bekerja dengan Marvelous Interactive dalam menciptakan judul game Dreamcast, Sakura Momoko Gekijō Coji-Coji, dan Nintendo dalam menciptakan judul Game Boy Advance, Sakura Momoko no Ukiuki Carnival. Pada tahun 2005, ia mendesain karakter untuk judul Xbox 360 Every Party.

Pada tahun 1989, ia menerima Penghargaan Kodansha Manga untuk shōjo untuk Chibi Maruko-chan.

Pada 27 Agustus 2018, secara resmi diumumkan bahwa dia telah meninggal karena kanker payudara pada usia 53 pada 15 Agustus.

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial