AFA 2018 Memang yang Terakhir, Tapi Bukan Akhir dari Festival Anime di Indonesia!

Wah ini dia alasan dibalik berakhirnya AFA di Indonesia!!

1535961647000

2018 sudah dinyatakan menjadi tahun terakhir AFA di selenggarakan di Indonesia. Tapi berdasarkan wawancara yang saya lakukan terhadap pihak SOZO, pihak yang menggelar C3AFA, ini bukanlah akhir dari festival anime di Indonesia.

C3AFA merupakan salah satu acara festival Jepang terbesar di Asia. Tidak heran, tiap tahunnya ratusan penggemar anime rela hadir dimanapun acara tersebut digelar. Sayangnya, beberapa hari sebelum acara tersebut dibuka, secara resmi pihak AFA menyatakan jika tidak bisa berjanji acara itu digelar di tahun-tahun mendatang.


CONTINUE READING BELOW

BREAKING NEWS! C3AFA Jakarta 2018 Mungkin Jadi Acara yang Terakhir!

C3AFA Jakarta 2018 akan diadakan kurang dari seminggu lagi. Tapi kenapa tiba-tiba muncul pengumuman mengejutkan ini? Bingung, kan?


Berdasarkan pemantauan kembali yang saya lakukan dari akun Facebook resmi AFA, dengan gamblang pihaknya mengatakan jika mereka tidak bisa memastikan kehadiran CEAFA Jakarta untuk tahun 2019 dan seterusnya.

Sontak kabar tersebut menjadi pembicaraan hangat di kalangan penggemar festival anime. Beragam tanggapan pun keluar dari mulut netizen, mulai dari yang menyesalkan, menyetujui, hingga bertanya-tanya akan alasan yang sebenarnya dibalik pengumuman tersebut.

Saya yang berkesempatan hadir pada AFA 2018, yang digelar di ICE BSD City mencari tahu alasan pasti, yang sangat wajib keluar dari pihak-pihak penting, seperti SOZO. Beruntung, saya bertemu dengan General Manager PT Sozo Indonesia, Ira Novita Samad. Jawaban pun diberikan olehnya.

Kondisi Politik dan Logistik Menjadi Hambatan

AFA

Jawaban pertama orang yang akrab saya sebut Ceu Ira pun membuat saya kaget, karena dirinya meng-iyakan kabar yang membuat para wibu lokal sedih itu. “Kita memang berencana untuk meng-hold AFA di 2019,” jawab Ceu Ira.

Namun, “hold” yang dimaksud Ceu Ira tersebut bukan tanpa alasannya. Dirinya mengatakan, pihaknya ingin melakukan evaluasi terlebih dahulu.  “Tujuan kita ingin mengevaluasi AFA ini di Indonesia.

AFA

Dirinya menambahkan, banyak regulasi pemerintah yang harus dijalankan di Indonesia menjadi pertimbangan hingga menjalankan acara ini .

Sementara itu, Ira juga membandingkan langkah-langkah pagelaran event sejenis AFA di negara lain yang jauh lebih fleksibel. “Kalau dibandingkan dengan negara lain, kan jauh lebih fleksibel. Tapi, itukan semua sudah menjadi prosedur yang harus kita jalankan,” jelasnya.


CONTINUE READING BELOW

6 Bintang Pop Jepang Bakal Ramaikan Acara C3AFA

Anime Festival Asia Indonesia hadir kembali dengan semangat dan venue baru, juga enam bintang Jpop di I Love Anisong Concert C3AFA18 Jakarta.


Pun demikian, pihak penyelenggara wajib diacungi jempol. Pasalnya, Anime Festival Asia tidak baru setahun atau dua tahun diselenggarakan di Indonesia. Acara tersebut sudah digelar sebanyak tujuh kali, di tiap tahunnya. Jadi, bagi saya mereka sudah sangat berdedikasi dalam menghadirkan acara sekelas dunia ke Tanah Air.

Lalu, apa yang akan menggantikan Anime Festival Asia di Indonesia pada tahun-tahun berikutnya? Silahkan cek jawabannya di halaman berikutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.