Buset! Ini Dia 10 Anime yang Melenceng dari Pesan Moralnya!

Dari yang baru kamu tonton musim ini sampai serial paling populer sejagad, tidak ada yang bisa lolos!

1538035245000

Setiap anime pasti punya pesan moral yang diusung di balik segala kerja keras tokoh utamanya. Tapi akibat berbagai sebab dan alasan, tentu saja ada anime yang melenceng dari pesan moralnya berkat alasan tersebut!

Kerap, alasan ini adalah berupa serialnya yang berjalan terlalu panjang sehingga nyaris tidak terlihat memiliki tujuan akhir lagi, atau karena konflik utamanya yang selesai terlalu cepat. Kadang malah problema ini lahir murni gara-gara penulis cerita tersebut lupa sama pesan awalnya!

Berkat kekeliruan seperti ini, jelas saja kalau tidak jarang daya tarik yang mengajak para fansnya untuk menyukai anime ini sedari awal tahu-tahu hilang berkat bagian anime yang melenceng tersebut. Apa sajakah contoh anime yang terkena problema ini? Lihat saja di sini!

1

Naruto

Benar, Naruto adalah salah satu anime yang melenceng dari pesan moral utamanya, di mana kerja keras dijamin menciptakan hasil yang hebat! Mulanya kita ikut bersimpati kepada Naruto karena ia adalah yatim piatu yang begitu keras dalam mengejar mimpinya sebagai Hokage!

Akan tetapi, hal tersebut ternyata memiliki sisi yang aneh, apalagi ketika kita melihat dari sang tokoh utama sendiri. Naruto, bagaimanapun juga masihlah anak Hokage Keempat dan seorang Jinchuuriki Kurama. Ia sudah memiliki kekuatan besar itu dari awal, dan ia masih berani bicara tentang kerja keras dan semacamnya!

2

Kapten Tsubasa

tsubasa tidak ke brazil

Tsubasa mengatakan bola adalah teman, tapi terbukti kalau kamu bisa jago tanpa menjadikan bola sebagai temanmu! Ada yang tampaknya salah di dalam serial ini ketika komiknya terus berlanjut sampai tamat, dan itu adalah betapa tidak konsistennya isi komik ini terhadap pesan moralnya!

Di luar Jepang, Schneider, Santana sampai Diaz tidak memerlukan slogan tersebut untuk menjadi jago luar biasa dan selebay Tsubasa untuk dapat mencapai kehebatan yang setara dengan pesepakbola Jepang serba bisa itu. Jelas sekali motivasi Tsubasa semakin terlihat sebagai ceracau orang gila ketimbang pemain polos dan idealis!

3

Dragon Ball

fusion goku dan gohan

Goku boleh berbicara tentang karma baik, melindungi bumi dan semacamnya, tapi ia bahkan tidak memegang cermin dan melihat keluarganya sendiri! Alih-alih mengajarkan tetang kekuatan dan tanggung jawab yang baik, anime yang sudah melenceng nan ngawur pesan moralnya ini menunjukkan hubungan keluarga yang rusak!

Saking buruknya Goku sebagai seorang ayah bagi Gohan, lelaki itu mementingkan latihan dan bertarung di atas segalanya! Sampai-sampai, jelas sekali Gohan melihat Piccolo sebagai seorang figur orang tua yang jauh lebih perhatian dibandingkan sang ayah!


CONTINUE READING BELOW

KUIS: Kalau Masuk Anime Aksi, Kamu Tokoh Utama Anime Seperti Apa?

Tokoh utama anime aksi ada banyak macamnya, tapi secara idealisme bisa terbagi tiga. Nah, di antara ketiga jenis ini yang manakah dirimu?


4

Bleach

fakta bleach novel bleach yhwach soul king

Bleach hanya omong besar tentang sahabatlah yang membuatmu kuat dan sejenisnya, tapi beberapa episode kemudian dan pesan itu ambruk begitu saja! Apakah hal ini berarti Tite Kubo adalah seorang penipu besar?

Setelah beberapa episode kemudian, identitas sebenarnya kedua orang tua Ichigo Kurosaki pun terungkap, dan mengubah persepsi tentang kekuatan Ichigo untuk selamanya. Yang lebih parahnya lagi, ayah Ichigo ternyata adalah seorang Shinigami tangguh dan ibunya merupakan seorang Quincy!

Di halaman sebelah, contoh-contoh anime yang melenceng dari pesan moralnya akan semakin mengejutkanmu!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.