Bukan Hanya di Naruto, Ini 10 Klise yang Bisa Ditemukan di Anime Lain!

Modal teriak, jadi super saiyan!

1538532000000

Ada banyak hal yang sering membuat sebuah anime shonen terlihat seru banget, apalagi kalau kita berbicara tentang Boruto, One Piece, dan Dragon Ball! Jelas, pengertian dari anime shonen adalah anime yang ditujukan kepada anak-anak laki-laki remaja, sehingga tidak jarang kalau banyak sekali hal yang berputar dalam tema ‘semangat’ di dalam anime-anime yang sejenis!

Tapi jelas bagian ini tidak hanya kita temukan di dalam tiga judul di atas, tapi juga anime shonen lainnya! Kerap, hal-hal inilah yang memuat komik maupun anime yang kita tonton langsung teridentifikasi sebagai shonen banget! Dan jelas, hal-hal inilah yang menyamakan ketiga judul tersebut dengan anime shonen lainnya!

Hal yang sama itu lantas tidak selamanya bisa disebut klise kalau eksekusinya juga bisa dibawa sekeren mungkin! Apa sajakah hal yang menjadi karakteristik sebuah anime shonen dan sejenisnya? Simak daftarnya di bawah ini!

1

Teriakan Semangat!

Gaya rambut terkeren di anime

Source: Youtube

Tidak jarang, tokoh utama anime sejenis selalu bersuara lantang dan terdengar berisik setiap waktu. Kalau salah satu tokohnya berada di tengah pertarungan, tidak jarang teriakan mereka selalu disusul dengan kekuatan super atau malah, kekuatannya berasal dari teriakan semangat itu sendiri!

2

Turnamen!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Di setiap anime shonen teladan pasti ada saja kisah turnamen entah kapan dan entah di mana lokasinya! Melalui episode turnamen ini, sang tokoh utama mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan lawan yang setara atau justru musuh yang lebih tangguh!

3

Musuh yang Tambah Hebat!

Nasib Nagato

Source: Narutopedia

Jalur perkembangan sang tokoh utama anime shonen tidak jarang juga berjalan secara satu arah. Ambil Dragon Ball misalnya, musuh yang dihadapi Son Goku dari waktu ke waktu semakin besar level bahayanya, dan tidak jarang formula seperti ini selalu mentok sampai cerita ‘melawan dewa’!

4

Ceramah Instan!

Senjutsu dan Kekkei Genkai

sumber: theanimescrolls.com

Tidak lupa, kalau sang tokoh utama bertemu dengan sosok jahat, ia selalu menyimpan kata-kata mutiara yang jelas sudah disiapkan dari bangun pagi sampai tidur untuk digunakan kapan saja! Raja dari hal ini sudah pasti Naruto, yang bisa jadi menyembunyikan sejilid buku motivasi di balik jaket bajunya!

5

Saingan Keras!

karakter di anime punya masa lalu kelam

sumber: dokumentasi duniaku.net

Saingan ini selalu memiliki sifat bertolak belakang dengan sang tokoh utama anime shonen, dan tidak jarang tokoh tersebut selalu terlihat galau 24 jam! Selalu ada kesempatan untuk sang saingan ini mengalahkan tokoh utama, tapi untuk suatu hal yang misterius ia hanya bisa mengalahkan sang tokoh utama di polling pembaca!

6

Tokoh Licik!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Karakteristik yang membuat sebuah anime terlihat shonen banget selalu ditandai dengan keberadaan tokoh licik yang haus kekuasaan! Tidak jarang juga, tokoh tersebut menjadi salah satu target malang ceramah no jutsu oleh sang tokoh utama atau justru jadi bulan-bulanannya!

7

Tokoh Utama Kepala Batu!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Tokoh utama yang sering ditemukan di judul anime shonen populer memiliki kesamaan dalam kepribadian mereka: keras kepala! Kalau tidak kepala batu, bagaimana bisa mereka memiliki beratus-ratus episode gara-gara kegigihannya yang satu arah?

8

Musuh Mingguan!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Seminggu sekali, pasti ada saja musuh sepintas lewat yang kemudian akan dikalahkan oleh kehebatan sang tokoh anime shonen. Memang tujuan mulianya jelas supaya cerita tersebut tidak membosankan, tapi bukankah hal ini memberikan impresi yang ngawur kalau sebenarnya sang tokoh utama punya banyak sekali musuh?

9

Inilah Jalan Ninjaku!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Serupa tapi tidak sama dengan tokoh utama yang keras kepala, ia terus mengulangi ceramah yang sama berkali-kali sampai serial tersebut tamat! Seperti iklan berjalan, slogan tersebut jadi tidak terpisahkan dari sang tokoh utama saat mulai angkat bicara!


CONTINUE READING BELOW

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Perbedaan sekaligus pengertian tentang siapa itu hero dan villain bisa kamu dapatkan di sini! Tidak hanya itu, bahkan tidak semua tokoh antagonis itu juga jahat!


10

Kekuatan Persahabatan!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Kekuatan persahabatan adalah salah satu hal yang terus lengket dengan anime shonen. Entah itu geng tokoh baik maupun geng tokoh jahat, pasti ada saja pesan tentang kekuatan persahabatan yang tidak henti-hentinya dikompres sampai habis di macam-macam judul!

Memang, tidak semua anime shonen mengusung tema persahabatan, tapi dalam satu dan dua hal kamu pasti menyadari nuansa ini juga diangkat di dalam cerita-cerita tersebut!

Nah, apakah hal ini merupakan bagian favoritmu, atau justru menjadi bagian paling menjengkelkan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

 

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.