Review Game Super Mario Party: Minigames untuk Bersama!

Kali ini konsol Nintendo Switch merilis game terbaru Mario berjudul Super Mario Party! Cek review berikut ya!

1538899237000

Perusahaan video game asal Jepang, Nintendo akhirnya merilis game terbaru dalam jajaran Mario-nya nih!

Kalau sebelumnya Nintendo sempat menghadirkan game seperti Super Mario Odyssey dan Mario Kart 8 Deluxe, kini Super Mario Party ikut hadir untuk Nintendo Switch mulai Jumat (5/10/18).

Game berlabelkan Mario memang menjadi ikon untuk konsol yang satu ini. Bahkan sejak 1985, Mario sudah mewarnai kenangan para penikmat game konsol lewat game Super Mario Bros.

Mario Party sendiri dipopulerkan lewat konsol portabel berlayar sentuh, Nintendo DS pada 2007 lalu. Menggunakan fitur menyeluruh seperti touchscreen dan juga microphone, tak heran Nintendo kembali membuat versi ‘lebih baik’ untuk game Mario ini.

Berikut Duniaku.net ulas, game play dari Super Mario Party untuk konsol Nintendo Switch!


CONTINUE READING BELOW

Review Shadow of the Tomb Raider (PS4): Trilogi Terbaik Lara Croft?

Memasuki game ketiga dari trilogi reboot terbarunya, apakah game ini bisa dibilang terbaik? Simak dalam review Shadow of the Tomb Raider berikut ini!


Dimainkan dalam Joy-Con dan TV Saja

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Pertama kali masuk ke game Super Mario Party, para pemain hanya diperbolehkan bermain di mode TV dan Joy-Con saja. Sistem mengharuskan satu pemain memiliki satu Joy-Con dengan maksimal 4 orang.

Walaupun demikian, game ini mampu mengombinasikan keempat layar Nintendo Switch untuk bermain dengan fitur serta minigames yang pastinya berbeda dengan Joy-Con ataupun TV.

Banyak Mode Unik!

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Mario Party identik dengan jalan cerita ‘main pakai dadu’ dan berjalan sesuai angka yang didapatkan. Namun di Super Mario Party, mode game yang disajikan tidak terbatas pada itu saja loh!

Di awal-awal, pemain akan diminta untuk memilih karakter sesuai dengan keinginannya. Tetapi tidak semua karakter bisa digunakan bagi mereka yang baru pertama kali main. Ada empat karakter terkunci yaitu Pom Pom, Dry Bones, Diddy Kong dan juga Donkey Kong

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Setelah memilih, karakter akan tiba di plaza untuk memilih mode game tersaji. Diantaranya adalah:

  • Mario Party

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Diberikan 5 coins di awal, mode ini merupakan mode klasik di setiap game Mario Party pada umumnya. Terdiri dari 4 pemain dengan goal akhir mendapatkan bintang yang paling banyak.

Pemain disajikan jumlah pilihan turns mulai dari 10 turns (60 menit), 15 turns (90 menit), hingga 20 turns (120 menit) dengan minigames di setiap selangnya.

  • Partner Party

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Sama seperti konsep mode Mario Party, tetapi merupakan edisi timnya. Memiliki fitur free movement dan jumlah lemparan dadu yang bisa diakumulasikan.

  • River Survival

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Menaiki sebuah perahu karet di arus kencang, pemain diminta memilih rute untuk sampai di garis finish sebelum waktu habis. Pemain bisa mendapatkan tambahan waktu dengan memainkan minigames berbentuk balon ataupun mengambil bonus yang terdapat di aliran sungai.

  • Sound Stage

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Pemain harus mengikuti beat yang disajikan di setiap minigames. Games tersebut meminta para pemain melakukan gerakan menggunakan Joy-Con sesuai arahan di awal.

  • Minigames

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Pilihan bagi mereka yang ingin bermain dalam waktu singkat. Pemain bisa memilih minigames secara spesifik (free play) maupun tipe game singkat seperti mariothon (5 set minigames) ataupun square off (16 ronde minigames).

  • Online Mariothon

Bermain online dengan para pemain di seluruh dunia! Untuk bermain di mode ini, pemain diminta untuk membeli membership dari Nintendo Switch Online yang bisa didapatkan lewat Nintendo eShop.

Fitur Lainnya

Beberapa hal yang unik dari game Super Mario Party adalah dadu yang dimiliki tiap karakter tertentu.

Kalau misalnya dulu di Mario Party DS setiap karakter memiliki nonrmal dice block seragam (angka 1-6), sekarang setiap karakter memuat angka berbeda-beda. Misalnya, dice block untuk Bowser berisi pilihan angka 1,8,9,10, serta dua sisi -3 coins. Sedangkan Mario memuat keenam sisi dadu dengan angka 1,3,3,3,5 dan 6.

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Pilihan dice block ini disesuaikan dengan kebutuhan moves di dalam game dan hanya bisa didapatkan lewat karakter pertama kali dipilih sebelum bermain atau ally yang didapatkan dalam game.

Nintendo terlihat sangat memaksimalkan setiap fitur Switch yang dimiliki. Beberapa minigames dalam game ini bahkan sampai menggunakan sensor getaran dan rotation Joy-Con untuk bermain.

Switch juga memberikan notifikasi suara lewat Joy-Con setiap giliran pemain sudah dimulai.

Kekurangan

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Salah satu kekurangan dari game ini adalah pilihan karakter hanya terbatas dengan karakter dari dunia Mario saja.

Berbeda dengan game Mario Kart 8 Deluxe yang menghadirkan karakter dari game lain seperti Link dari The Legends of Zelda. 

Selain itu karena Nintendo memang ingin memaksimalkan fungsi dari Joy-Con, game ini tidak bisa dimainkan sambil memegang konsol Switch secara keseluruhan. Pemain harus melepaskan Joy-Con untuk bisa menikmati game Super Mario Party.

Namun kedua kekurangan di atas sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ke dalam game play ini sendiri.

Kesimpulan

Sumber: Dokumentasi Duniaku.net

Bagi pemain yang suka tipe minigamesSuper Mario Party merupakan pilihan tepat. Terdapat 84 minigames berbeda yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama.

Game ini tidak terlalu berat dan cocok dimainkan oleh semua golongan umur.

Grafik-nya pun juga sangat bagus, terlebih lagi jika dimainkan dalam dock yang disambungkan ke dalam TV. Begitu pula untuk suara ataupun sound effect yang disajikan.

Secara keseluruhan Duniaku.net memberikan rating 9/10 untuk Super Mario Party Nintendo Switch.

Game berlabelkan Mario memang selalu mengembalikan kenangan bagi para pecinta karakter klasik Mario. 

It’s a me Mario!

TENTANG PENULIS
Natassha

Hobby nonton film Marvel dan Korea-Koreaan. Paling demen pilih role support di game! ps. Masih belajar dan sangat terbuka untuk kritik dan saran (natasshasung@gmail.com)