Dari Tag Team Jadi Juara Oportunis, Inilah 7 Fakta Edge WWE!

Waktu SmackDown pertama tayang di Indonesia sih, Edge ini pegulat tag team konyol bersama Christian. Dia lalu berkembang menjadi pegulat papan atas yang dikenal oportunis!

1539136802000

Untuk kamu-kamu yang dulu menonton SmackDown di RCTI mungkin mengenal Edge sebagai musuh bebuyutannya Hardy Boyz dan Dudley Boyz.

Yep, Edge dan Christian di era itu memang adalah duo tag team kocak yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan gelar tag team. Hardy Boyz dan Dudley Boyz adalah musuh utama mereka di era itu.

Namun seiring berkembangnya kariernya, Edge terus berkembang hingga dia menjadi langganan juara dunia WWE.

Penasaran dengan pegulat yang satu ini? Inilah kumpulan fakta Edge WWE!

1

Bukan Beneran Saudaraan dengan Christian

sumber: sportskeeda.com

Apakah kamu termasuk yang mengira Edge dan Christian ini saudaraan?

Yaaa, mereka mungkin sama-sama punya rambut pirang kecokelatan, tapi tidak, fakta-fakta Edge menegaskan kalau Edge dan Christian bukan benar-benar saudara.

Mereka memang sempat disajikan sebagai saudara waktu di era tim The Brood, namun Edge (nama asli Adam Copeland) dan Christian (nama asli Jason Reso) hanya sahabat baik dari kecil saja.

Kemudian duo sahabat ini mengukir karier di WWE dan sama-sama sempat menjadi juara dunia.

2

Pernah Masuk Geng Vampir?!

sumber: stillrealtous.com

Pemain WWF SmackDown lama, apa kamu ingat dengan Gangrel?

Pegulat dengan peran vampir itu cukup berpengaruh pada karakter Edge maupun Christian di awal karier mereka.

Pada awalnya, Christian diperkenalkan sebagai sekutu Gangrel, sementara Edge justru melawan Christian meski mereka disebut sebagai saudara.

Namun pada akhirnya Edge pun bergabung dengan Christian dan Gangrel. Trio ini menjadi geng The Brood.

The Brood lalu sempat bergabung dengan tim seram lain, Ministry of Darkness yang dipimpin oleh Undertaker. Namun tim ini pecah saat Christian disalahkan karena membocorkan informasi ke musuh.

Edge dan Gangrel pada akhirnya lebih loyal ke sesama Brood ketimbang Ministry.

Namun lalu Gangrel mengkhianati Edge, dan mencoba membujuk Christian untuk melakukan hal yang sama. Kali ini, Christian lebih loyal ke Edge ketimbang Gangrel, jadi Brood pun bubar.

Fakta menarik lain soal geng Gangrel ini? Setelah Edge dan Christian keluar, Gangrel justru sempat membuat tim New Brood dengan anggota Hardy Boyz, musuh bebuyutan Christian dan Edge di era tag team mereka!


CONTINUE READING BELOW

Keluar dari WWE?! Inilah Kumpulan Fakta CM Punk!

Dulunya dikenal sebagai salah satu pegulat dengan teknik dan promo terbaik di WWE, CM Punk sekarang keluar dari organisasi gulat pro itu. Kenapa? Inilah kumpulan fakta CM Punk!


3

Juara King of the Ring 2001

sumber: f4wonline.com

Edge dan Christian adalah ahli tag team. Bayangkan saja, selama tahun 2000 hingga 2001, duo ini sudah menjuarai gelar tag team WWE sampai tujuh kali!

Namun Edge lalu membuktikan dirinya dengan menjadi juara turnamen King of the Ring 2001, menegaskan kalau ia pun jagoan sebagai petarung solo.

Dalam turnamen itu, Edge mengalahkan Rhyno dan Kurt Angle.

Diceritakan kalau kesuksesan Edge di King of the Ring inilah alasan Edge dan Christian kemudian bubar sebagai tim. Christian bahkan sempat mengganggu pertandingan final, menghambat Edge untuk mengalahkan Angle lebih cepat.

4

Perebut Pacar Orang

sumber: heartbreakers.me

Percaya tidak percaya, fakta Edge yang satu ini bukan settingan melainkan kejadian nyata.

Sekitar tahun 2005, Lita adalah pacar beneran dari Matt Hardy.

Namun kemudian Edge dan Lita beneran jadian, dan ini menciptakan konflik sungguhan antara Matt dengan Edge.

WWE, tentu saja, kemudian memanfaatkan konflik nyata ini menjadi konflik ring beneran. Konflik ini pun kemudian memanas, sampai Matt Hardy akhirnya dikeluarkan dair WWE.

Edge dan Lita sendiri sempat berpasangan di ring WWE karena situasi rumit ini.

Pada akhirnya, baik Edge maupun Matt sama-sama tidak berpasangan permanen dengan Lita.

Saat ini, Edge menikah dengan Beth Phoenix, sementara Matt Hardy menikah dengan Reby Sky.

5

Punya Banyak Finisher

sumber: bleacherreport.com

Jurus pamungkas Edge adalah Spear.

Namun kamu mungkin ingat kalau Edge juga punya banyak jurus lain yang bisa ia jadikan sebagai pamungkas.

Selain itu dia punya Downward Spiral (finisher dia di era game WWF SmackDown), Edgecator, dan juga Edgecution.

Dengan jumlah finisher begini, kalau Duniaku.net bikin daftar pegulat WWE dengan jurus finisher terbanyak, Edge rasanya bisa masuk.

6

Juara Oportunis di WWE

sumber: wwe.com

Pertama, Edge adalah langganan juara tag team.

Lalu dia jadi langganan juara sabuk papan tengah, seperti WWE Intercontinental.

Lalu akhirnya dia menjadi pegulat papan atas yang langganan juara dunia.

Total, Edge menjadi juara dunia WWE sampai 11 kali. Empat adalah juara sabuk World Heavyweight, tujuh sisanya adalah juara sabuk WWE Championship.

Sebagai pegulat papan atas ini, Edge dikenal sebagai Ultimate Opportunist. Sosok yang dapat memanfaatkan segala situasi untuk memperoleh apa yang ia inginkan.

Ia pertama kali menjadi juara dunia dengan memanfaatkan Money in the Bank, hak untuk meminta perebutan juara dunia kapan saja. Ia menggunakan ini di New Year Revolution untuk melawan John Cena, yang baru saja selamat dari pertandingan Elimination Chamber yang brutal.

Setelah itu, Edge menggunakan taktik seperti memanfaatkan Money in the Bank lagi, pacaran dengan Vickie Guerrero, dan banyak trik lain untuk menjadi juara atau mempertahankan gelar juaranya.

Bahkan saat Edge memegang peran orang baik pun ia kadang tetap disajikan sebagai sosok yang akan melakukan segala cara, termasuk trik kotor, untuk mengalahkan musuh.

Saat berkonflik dengan Kane untuk gelar World Heavyweight saja Edge tak ragu untuk menculik Paul Bearer, yang saat itu jadi manajer Kane.

7

Terpaksa Pensiun Dini

sumber: thesportster.com

Umur Edge saat ini adalah 44 tahun.

Itu tergolong masih relatif muda di WWE, mengingat John Cena saja saat ini 41 tahun. Sementara itu, Undertaker sudah 53 tahun tapi dia masih saja bertarung di event-event tertentu WWE.

Bila segalanya lancar, mungkin Edge seharusnya masih bergulat hingga sekarang. Namun sayang takdir tak menghendaki demikian.

Sepanjang kariernya, pertandingan-pertandingan WWE yang terkenal banyak melibatkan tangga dan atraksi berbahaya. Contohnya adalah duel tiga tim Edge & Christian versus Dudley Boyz versus Hardy Boyz di Wrestlemania X-Seven. Ada juga pertandingan Money in the Bank.

Adegan gulat di WWE mungkin settingan, namun para pegulat tetap mengambil risiko untuk atraksi seperti jatuh dari ketinggian dan lain sebagainya. Edge merasakan dampak dari aksi-aksinya ini.

Edge mengalami masalah tulang punggung dan tulang leher, yang membuatnya mengalami mati rasa. Pada akhirnya, di tahun 2011 pun Edge mengundurkan diri dari WWE.

Ancaman bagi Edge jika dia terus bergulat cukup gawat: salah sedikit saja, seluruh tubuhnya di bawah leher bisa lumpuh total. Paling parah, ia mungkin akan mati.

Karenanya sejak dia pensiun di 2011 hingga 2018 ini, Edge tidak pernah bertanding lagi. Kalaupun dia tampil di WWE, ia pun biasanya tidak bisa dihajar karena kondisi kesehatannya yang berbahaya.


Pada akhirnya, dari fakta-fakta Edge di atas mungkin dapat terasa kalau pegulat yang satu ini adalah salah satu nama yang akan dikenang oleh fan WWE.

Meski harus pensiun di tahun 2011, di saat ia masih relatif muda untuk pegulat pro, Edge sudah sempat jadi juara dunia sampai 11 kali. Bahkan Brock Lesnar saja tidak sebanyak itu.

Gimana menurut kamu soal fakta-fakta Edge di atas? Apakah pegulat yang satu ini juga masuk ke daftar favoritmu? Sampaikan di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.