Berkebun di Mana Saja! Stardew Valley Bakal Rilis di Android dan iOS!

Punya kebun yang sudah subur di PC? Kamu bisa melanjutkannya di versi mobile ini lho!

1539151253000

Jika berbicara mengenai game bercocok tanam, mungkin ingatan kita akan langsung tertuju pada satu judul yang mulai ngehits sejak PSOne lalu, Harvest Moon. Setelah booming lewat Back to Nature, seri-seri Harvest Moon pun eksis di hampir semua platform yang ada. Harvest Moon pula yang menjadi inspirasi dari ConcernedApe untuk merilis Stardew Valley di PC dan konsol.

Nah setelah berkebun di PC dan konsol, kini Stardew Valley ingin mengajak gamer untuk bercocok tanam di Android dan iOS!

Di ranah game mobile, persaingan game simulasi berkebun cukup berat karena di sana masih ada beberapa game dengan nama besar. HayDay salah satunya. Namun dengan menyajikan nuansa klasik ala Harvest Moon Back to Nature dipadu dengan pixel art cantik, tentu Stardew Valley bisa jadi daya tarik tersendiri.

Berbeda dengan versi PC dan konsolnya, untuk Stardew Valley mobile ini dikembangkan oleh developer game mobile asal London, The Secret Police. Namun tetap sentuhan ConcernedApe masih tetap terasa di versi mobile ini, karena mereka juga ikut membantu pengembangan agar versi mobile ini menyajikan pengalaman bermain yang sama persis dengan versi PC dan konsolnya.

Stardew Valley Mobile

Yang menarik adalah, versi mobile ini bisa terintegrasi dengan versi PC-nya. Yap, kamu bisa memindah save data di PC ke gadget-mu, agar kamu bisa meneruskan progress kebunmu yang sudah ada. Namun dalam versi mobile ini kamu tidak bisa menggunakan mod. Dan belum juga dikonfirmasikan apakah fitur multiplayer-nya juga bisa dinikmati di versi mobile-nya nanti.

Stardew Valley Mobile

“Ini adalah versi penuh game, bukan versi yang dikurangi dan bisa dimainkan sama seperti versi lainnya,” ungkap ConcernedApe dalam posting blog resminya. “Perbedaan paling utama adalah versi ini dibangun ulang untuk gameplay touch screen di iOS seperti antarmuka, menu dan kontrol,” lanjutnya.

Stardew Valley Mobile


CONTINUE READING BELOW

Panduan Lengkap Semua Festival di Stardew Valley!

Festival di Stardew Valley ada Egg Festival, Dance of the Moonlight Jellies, Festival of Ice, dll. Apakah tidak kalah menarik daripada di Harvest Moon?


Stardew Valley mobile pertama kali akan hadir untuk iOS pada tanggal 24 Oktober 2018 mendatang dan kamu bisa mulai pre order mulai sekarang. Untuk mendapatkan versi mobile ini, kamu harus merogoh kocek sebesar US$7.99 atau sekitar Rp120.000 dan tidak ada pembelian item di dalam game. Sayang belum ada konfirmasi mengenai jadwal rilis untuk versi Android-nya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.