Pernah Dipecat Karena Dasi?! Ini 6 Fakta Daniel Bryan WWE!

Pegulat yang satu ini pernah dipecat karena mencekik orang dengan dasi?! Kok bisa? Inilah kumpulan fakta Daniel Bryan!

1539255645000

Memiliki nama asli Bryan Lloyd Danielson, Daniel Bryan adalah salah satu pegulat paling populer di WWE era modern.

Dari segi penampilan fisik, Daniel Bryan mungkin tidak mengancam seperti Braun Strowman. Namun Bryan dapat memikat lewat karisma alami serta kualitas teknik gulat pro papan atas.

Yang menarik perhatian penulis saat menulis kumpulan fakta Daniel Bryan ini sih adalah betapa penuh rintangannya karier Bryan hingga sekarang. Mulai dari dipecat sampai terpaksa pensiun sementara, jalan Bryan mencapai popularitas di WWE sama sekali tidak mudah.

Penasaran? Yuk simak kumpulan fakta Daniel Bryan di bawah ini!

1

Karier Bryan di WWE Tahun 2000-2002

Fakta Daniel Bryan yang ini mungkin tidak diketahui oleh fan beratnya sekalipun.

Usut punya usut, Daniel Bryan sebenarnya sudah berlaga di organisasi yang terafiliasi dengan WWE sejak tahun 2000.

Dia awalnya ikut dengan liga pengembangan bakat WWE saat itu, Memphis Championship Wrestling. Dikatakan kalau Bryan sebenarnya ingin dikontrak tahun 2001 ke liga utama WWE, namun rencana itu tidak jadi.

Bryan lalu akhirnya tampil di program utama WWE tahun 2002, melawan musuh seperti Jamie Noble dan Rico. Namun dia hanya tampil sebagai pegulat jobber (pegulat yang ada hanya untuk dikalahkan musuh mereka).

Uniknya, di masa ini Daniel Bryan juga sempat melawan John Cena, yang waktu itu juga sama sekali belum tenar.

2

Dipecat Karena Mencekik dengan Dasi

sumber: youtube.com (kanal Title Match Wrestling)

Setelah masa-masanya di liga pengembangan bakat dan sebagai jobber di show kecil WWE, Bryan akhirnya dikontrak lagi di tahun 2009.

Saat itu, Bryan sudah mengukir nama di liga independen seperti Ring of Honor dan organisasi gulat kenamaan Jepang NJPW. Kalau kamu mengunjungi forum internet gulat pro di tahun 2008, kamu akan melihat Bryan Danielson disebut-sebut sebagai pegulat terhebat yang belum pernah dikontrak WWE.

Bryan akhirnya direkrut WWE di tahun 2009. Dia sempat berlaga di liga pengembangan bakat WWE, Florida Championship Wrestling, sebelum akhirnya tampil di program utama WWE tahun 2010.

Namun karier Bryan di WWE berjalan dengan sangat… unik.

Bryan dan sejumlah pegulat baru seperti Wade Barrett awalnya tampil di program NXT. Di sana, Bryan selalu diperlihatkan kalah.

Di program NXT ini juga para rookie seperti Bryan harus berlaga di kontes aneh, seperti lari membawa tong. Mungkin kesal karena perlakuan ini, para rookie NXT lalu membentuk geng Nexus dan menginvasi RAW. John Cena saja menjadi korban mereka.

Dalam invasi ini, Bryan mencekik pembawa acara WWE, Justin Roberts, dengan dasi. Aksi ini tentu settingan, namun sponsor WWE ada yang keberatan dengan aksi brutal itu. Terutama karena memang di era ini WWE adalah tontonan semua umur.

Untuk memuaskan sponsor, WWE terpaksa memecat sementara Daniel Bryan. Pemecatan ini berlangsung sebentar saja, Bryan didepak 11 Juni lalu kembali lagi di Summerslam 2010 yang diselenggarakan di bulan Agustus.


CONTINUE READING BELOW

Dari Tag Team Jadi Juara Oportunis, Inilah 7 Fakta Edge WWE!

Waktu SmackDown pertama tayang di Indonesia sih, Edge ini pegulat tag team konyol bersama Christian. Dia lalu berkembang menjadi pegulat papan atas yang dikenal oportunis! Inilah kumpulan fakta Edge!


3

Pernah Kalah 18 Detik dari Sheamus

sumber: cagesideseats.com

Di kompetisi pertarungan beneran seperti tinju dan MMA, K.O dalam 18 detik adalah ancaman nyata. Satu kesalahan saja bisa berakibat fatal.

Namun sebagai laga settingan, organisasi gulat pro seperti WWE biasanya hanya menyajikan pertandingan super cepat seperti itu untuk komedi, untuk menunjukkan kekuatan pegulat baru, atau memang sekedar kejutan.

Di Wrestlemania XXVIII, Daniel Bryan menderita kekalahan super cepat ini dari Sheamus.

Ini mengejutkan karena kejadian ini ada di Wrestlemania, event terbesar WWE. Saat itu pun status Bryan bukanlah jobber melainkan juara World Heavyweight.

Namun karena lengah, Bryan pun dihabisi dengan cepat oleh Sheamus.

4

Anggota Trio Pertama yang Mengalahkan Shield

sumber: wwe.com

Geng Shield adalah kelompok trio yang luar biasa kuat. Sampai sekarang saja Roman Reigns, Seth Rollins, dan Dean Ambrose masih menjadi kekuatan tersendiri untuk memperebutkan sabuk juara dunia.

Saat mereka masih bersatu menjadi Shield, mengalahkan mereka pun sulit sekali.

Bryan berulang kali merasakan kekuatan gabungan Shield ini. Saat itu, dia bersama Kane masih bersatu sebagai tim Hell No. Meski didukung pegulat sekuat Kane, dan kadang mendapat bantuan dari pegulat kuat lain seperti Undertaker, Hell No selalu dikalahkan oleh Shield.

Lambat laun, Bryan pun merasa dirinya adalah bagian paling lemah dari Shield dan terobsesi untuk membuktikan anggapan itu salah. (Patut diperhatikan kalau dalam fase ini, Kane tidak menganggap Bryan lemah).

Namun obsesi ini kemudian justru menjadi dasar dari kebangkitan Daniel Bryan. Pada akhirnya, dibantu oleh Randy Orton, Bryan pun mampu mengalahkan Shield.

Kekalahan Shield dari tim Hell No plus Randy Orton itu adalah pertama kalinya Shield dikalahkan dalam duel tiga lawan tiga.

5

Mengalahkan Triple H, Randy Orton, dan Batista dalam Satu Malam

sumber: wwe.com

Pencapaian terbesar Daniel Bryan sejauh ini terjadi di Wrestlemania XXX, di mana dia mengalahkan tiga bintang besar WWE dalam satu malam: Triple H, Randy Orton, dan Batista.

Yang pertama dikalahkan oleh Bryan adalah Triple H, salah satu legenda WWE.

Sesuai kesepakatan sebelumnya, karena Bryan menang dari Triple H, dia kemudian akan melawan Randy Orton dan Batista dalam perebutan gelar juara dunia.

Sebelumnya, Batista sebagai pemenang Royal Rumble seharusnya hanya akan melawan Randy Orton sang juara dunia.

Bryan lalu unggul juga di pertandingan itu dan dia pun menjadi juara World Heavyweight Championship.

Sekarang, gelar juara dunia WWE memang terbagi menjadi WWE Championship (untuk SmackDown) dan Universal Championship (untuk RAW). Namun di era itu, sabuk WWE dan World Heavyweight baru saja digabungkan. Bryan pun menjadi juara absolut.

6

Pensiun Sementara

Bryan mengalami cedera di tahun 2014, yang membuatnya terpaksa melepas gelar World Heavyweight meski ia sempat sukses mempertahankannya dari Kane.

Setelah operasi dan pemulihan, Bryan lalu bisa kembali bulan November 2014, di mana dia kembali menjadi pegulat yang diperhitungkan.

Sayangnya di tahun 2015 Bryan kembali cedera. Masalah kesehatannya kali ini lebih serius hingga Bryan sampai sempat pensiun.

Dari 2016 hingga 2018, Bryan hanya beraksi di WWE sebagai sosok General Manager, yang mengatur-ngatur pertandingan.

Sama seperti pegulat yang kariernya terhenti karena cedera, seperti Edge, Bryan pun jarang kontak fisik dengan pegulat lain di masa ini.

Namun pada akhirnya di Maret tahun 2018 ini, Bryan dinyatakan sudah kembali pulih.

Sekarang pun Bryan bisa kamu lihat beraksi lagi di WWE.


Kalau kamu membaca lagi fakta-fakta Daniel Bryan di atas, kamu bisa melihat betapa banyak masalah yang didera oleh Daniel Bryan hingga saat ini.

Sempat direkrut oleh WWE sejak tahun 2000 namun akhirnya tidak ditawari kontrak tampil di liga utama WWE? Sempat dipecat hanya karena mencekik orang dengan dasi?

Sempat dinyatakan harus pensiun?

Ajaib sekali setelah semua itu Daniel Bryan masih bisa berlaga di tahun 2018 ini. Tak hanya itu, saat artikel ini ditulis, Bryan akan menantang A.J. Styles untuk memperebutkan gelar juara WWE.

Tak diragukan lagi, melihat fakta-fakta Daniel Bryan di atas, mungkin kalau Bryan sudah pensiun beneran dia pun akan dianggap sebagai legenda WWE.

Gimana pendapat kamu soal pegulat WWE yang satu ini? Apakah kamu termasuk fan? Sampaikan tanggapanmu di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.