Cepat, Tapi Bikin Pusing! Review Game: NBA 2K19

Apakah bakal ada hal-hal baru di dalam game terbaru dari olahraga lawas ini?

1539403200000

Seri olahraga superstar karya Visual Concepts ini kembali dengan embel-embel 2k-nya! NBA 2k19 adalah judul terbaru dari lini seri video game NBA 2k yang mengutamakan gaya main yang lebih bertempo cepat dan trik menarik sebelum melancarkan bola ke dalam keranjang!

Dalam ulasan ini, barangkali tidak banyak yang mesti kita sorot di dalam penilaian secara keseluruhan terhadap NBA 2k19 dibandingkan sang pendahulu. Kontrol yang tidak asing bagi pengikut seri NBA 2k juga barangkali menarik fans-fans lama, dan meskipun lebih terasa arcade, NBA 2k19 tetaplah game simulasi yang cukup menarik.

Nah, kalau begitu apa sajakah aspek yang harus diperhatikan tersebut sebelum mencapai penilaian terakhir? Simak daftarnya di sini!

1

Hang Time!

Tentu, NBA 2k18 jauh lebih cocok bagi kamu yang punya waktu untuk duduk dalam waktu lama dan mengapresiasi fitur-fitur tengah permainannya. Akan tetapi tentu saja ada juga pemain-pemain game bergenre serupa yang lebih gemar memegang controller, main sesegera mungkin, dan lewatkan semua animasi yang tidak perlu.

Dalam parameter ini, sayangnya NBA2k18 kurang toleran dalam bagiannya yang lebih arcade seperti pilihan main langsung. Interaksi cepat bukanlah tujuan seri simulasi basket ini, tapi tentu saja menambah adegan demi adegan tidak serta merta bisa diterjemahkan sebagai ‘imersif’ di dalamnya!

2

Visual

Mengobrol soal imersif, tentu kualitas grafis yang disuguhkan oleh game ini tidak mengecewakan. Setiap gestur ketika pemain-pemainmu dan tim lawan mulai bersinggungan terasa realistis. Dan setiap konsekuensi atas tindakamu tentu tergambar lebih nyata!

Memang, dalam hal menggambarkan permainan bertempo cepat ini ia tidak melewatkan detil-detil kecil seperti perbedaan antara pemain yang sudah lama kamu mainkan sepanjang match dan pemain yang baru saja menggantikan lini utamamu yang terlalu banyak melakukan pelanggaran!

Bahkan, segmen-segmen yang mengisi pertengahan permainan pun tidak terlihat dikerjakan secara terburu-buru. Transisinya dari momen beberapa detik tersebut dan lanjutan permainanmu bersama teman-temanmu juga akan terasa alami dan memudahkanmu untuk kembali fokus lagi!

3

Gameplay

Selain mode biasa, sudah jelas mode yang akan menjadi daya tarik utama game ini adalah MyGM dan MyCareer! Berfungsi sebagai simulasi manajer dan simulasi karirmu sendiri sebagai pemain, elemen microtransaction di dalamnya tidak begitu mengganggu pengalaman bermainmu dan justru bisa diabaikan begitu saja!

Tentu di satu sisi kisah MyCareer terasa terlalu sederhana, tapi polesan-polesan seperti perbedaan suasana tokoh utama kita berada dalam satu laga ke laga lainnya jelas terasa di dalam mode ini. Sekali lagi, NBA 2k19 terlihat seperti pendahulunya, cocok diapresiasi dengan duduk lama di permainannya.

4

Roster

Tidak ada yang begitu spesial di dalam roster karakter ini selain dari perpindahan beberapa pemain yang mengikuti musim terbarunya ini. Dengan hal yang sangat tidak mengagetkan ini, tentu tidak banyak yang diharapkan dari sebuah permainan simulasi seperti seri NBA 2k.

5

Audio!

Sisi positifnya, warna-warni suara yang terdapat di dalam satu permainan menuju permainan selanjutnya tidak terasa repetitif! Kabar buruknya, ketika kamu sudah bosan dengan mode time out maupun pasca permainan, musik-musik di dalamnya mudah sekali untuk dilupakan.

Baik momen half-time dengan berbagai segmen pengisinya yang bisa kamu lewatkan begitu saja maupun komentator dalam permainan, semuanya tidak akan mengganggu konsentrasi bermainmu selagi menambah poin realisme di dalam game ini!

6

Kesimpulan

Nah, dengan kualitas yang nyaris tidak jauh berbeda, terlepas dari bagian karirnya yang terus menjadi daya tarik utama, NBA 2k19 terlihat solid sebagai simulasi, namun masih kurang memuaskan dalam segi permainan cepat!

Rasanya memang ada bagian yang harus dikorbankan untuk menjaga kualitas realisme permainan ini, yakni kecepatan permainan. Tapi hal itu tentunya juga akan membunuh potensi utama judul ini untuk menjadi simulasi paling definitif untuk permainan basket NBA di platform PS4!


CONTINUE READING BELOW

Gila Tinju! Inilah 13 Fakta Hidup Conor McGregor

Kemenangan boleh diambil oleh Khalid Nurmagomedov dan drama boleh terjadi. Tapi, Conor McGregor masih jauh lebih berpengalaman!


Dari sisi cerita yang sederhana tapi cukup interaktif untuk sebuah judul simulasi, game ini masih memberikan pengalaman yang mengesankan di dalamnya. Jelas, nilai 8/10 bisa disematkan untuk jenis permainan yang tipikal, tapi wajar dalam eksekusinya ini!

Apakah kamu akan mencoba versi PS4, ataukah versi Nintendo Switch yang terasa lebih intuitif dan mudah? Bagikan pendapatmu di kolom komentar review ini!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.